2 Karyawan Google Terima Uang Tunai dari Microsoft - Kompas.com

2 Karyawan Google Terima Uang Tunai dari Microsoft

Deliusno
Kompas.com - 09/10/2013, 10:50 WIB
Microsoft
Logo Microsoft
KOMPAS.com - Sayembara Microsoft bagi para hacker (peretas) untuk menemukan "kutu" alias bug dan lubang keamanan lainnya di Internet Explorer (IE) 11 resmi berakhir pada 26 Juni 2013 lalu.

Dalam sayembara ini, Microsoft menggelontorkan uang sebesar 28.000 dollar AS atau sekitar Rp 322 juta sebagai hadiah bagi 6 orang yang berhasil menemukan 15 bug berbeda.

Uniknya, dua diantara keenam orang tersebut ternyata bekerja di salah satu pesaing Microsoft, yaitu Google.

Pegawai Google pertama yang berhasil menemukan bug di IE 11 bernama Ivan Fratric. Atas usahanya tersebut, seperti dikutip dari Neowin, Selasa (8/10/2013), ia mendapatkan hadiah sebesar 1.100 dollar AS. Selanjutnya, hadiah ini tidak dimasukkan ke koceknya, melainkan disumbangkannya ke yayasan Save The Children Fund.

Karyawan Google lainnya bernama Fermin J. Serna. Hadiah yang diterimanya sebesar 500 dollar AS, yang juga disumbangkan ke sebuah yayasan bernama Save the Seattle Humane Society.

Pemenang lainnya bernama James Forshaw dari Context Security. Forshaw berhasil menemukan 4 buah bug di IE 11 dan mendapatkan hadiah sebesar 4.400 dollar AS, ditambah 5.000 dollar AS untuk penemuan bug yang dianggap penting.

Pemenang lainnya adalah Jose Antonio Vazquez Gonzales dari Yenteasy Security Research dengan 5 bug dan mendapatkan 5.500 dollar AS dan Masato Kinugawa dengan 2 bug dan mendapatkan 2.200 dollar AS.

Pemenang terakhir bernama Peter Vreugdenhil dari Exodus Intelligence. Tidak disebutkan berapa hadiah yang diterimanya. Namun, karena batasan hadiah yang dapat setiap peserta adalah 11.000 dollar AS dan total hadiah untuk pemenang lain telah menyentuh 18.700 dollar AS, kemungkinan besar hadiah yang diterima Vreugdenhil tidak jauh dari angka batasan tersebut.

Sayembara dari Microsoft ini menyisakan dua kategori terakhir yang berkaitan dengan penemuan bug di Windows 8.1 dan cara penyelesaiannya. Bagi orang yang yang berhasil menemukan bug di Windows 8.1, ia bisa saja mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 100.000 dollar AS. Hadiah tersebut bisa ditambah lagi sebesar 50.000 dollar AS, jika orang tersebut dapat menemukan solusinya.

PenulisDeliusno
EditorReza Wahyudi
SumberNeowin

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM