Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Raup Untung Besar

Kompas.com - 28/10/2013, 11:05 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Samsung terus membuktikan diri sebagai perusahaan raksasa elektronik dunia. Perusahaan asal Korea Selatan ini berhasil membukukan rekor laba per kuartal tertinggi sepanjang sejarah laporan keuangan perusahaan.

Dalam laporan keuangan kuartal III, Jumat (25/10/2013), laba bersih Samsung naik menjadi 8,05 triliun Won Korea Selatan (atau sekitar 7,6 miliar dollar AS) dalam periode 3 bulan yang berakhir pada 30 September lalu. Laba bersih ini naik 25 persen dibandingkan kuartal yang sama pada tahun 2012, di mana Samsung mencatat laba sebesar 6,42 triliun Won.

Divisi mobile masih menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi Samsung. Dua per tiga pendapatannya berasal dari divisi ini. Seperti dikutip dari Cnet, laba operasi divisi mobile Samsung meningkat hingga 6,7 triliun Won (atau sekitar 6,3 miliar dollar AS), naik dari 5,63 triliun Won pada tahun sebelumnya.

Permintaan smartphone kelas atas Samsung diketahui sedikit menurun di kuartal ini. Pendapatan Samsung dari divisi mobile dikatakan banyak dibantu oleh penjualan perangkat yang lebih murah di negara berkembang, seperti China, Amerika Selatan, dan Eropa Timur.

Divisi Samsung lainnya yang menghasilkan banyak uang bagi Samsung adalah semikonduktor. Divisi tersebut menyumbang laba operasi sebesar 2,06 triliun Won (atau sekitar 1,93 miliar dollar AS), dua kali lebih besar dari pendapatan tahun lalu. Ini merupakan pendapatan terbesar yang didapat dari divisi semikonduktor sejak tiga tahun lalu.

Secara total, Samsung mendapatkan pendapatan sebesar 59,1 triliun Won (atau sekitar 55,5 miliar dollar AS) pada kuartal III ini. Dari pendapatan ini, Samsung mencatat laba operasi sebesar 10,2 triliun Won (atau sekitar 9,6 miliar dollar AS), meningkat 26 persen dari kuartal yang sama tahun lalu, dan 7 persen dari kuartal II tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com