Dolly Ditutup, Pengurus Lokalisasi Semampir di Kediri Waswas

Kompas.com/ M. Agus Fauzul Hakim

Suasana pengambilan sampel darah yang dilakukan oleh petugas medis di kawasan lokalisasi Semampir, Kota Kediri, Jawa Timur. Selasa (29/10/2013).
Kompas.com/ M. Agus Fauzul Hakim Suasana pengambilan sampel darah yang dilakukan oleh petugas medis di kawasan lokalisasi Semampir, Kota Kediri, Jawa Timur. Selasa (29/10/2013).
KEDIRI, KOMPAS.com — Pasca-rencana penutupan lokalisasi Dolly yang ada di Surabaya, Jawa Timur, pengurus di lokalisasi Semampir, Kota Kediri, Jawa Timur ikut waswas. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan para wanita pekerja seks asal Dolly itu berpindah lokasi, termasuk ke Semampir.

Perpindahan itu dikhawatirkan bakal menambah permasalahan di lokalisasi Semampir. Saat ini saja sudah ada 180 penjaja seks yang tersebar dalam 76 wisma. Meski kawasan itu bisa menampung tambahan penghuni, tetapi jumlahnya terbatas.

"Enggak mungkin bisa menampung semua penghuni Dolly yang konon lokalisasi terbesar di Asia Tenggara," kata Sarji, Ketua RT 29 sekaligus Ketua Pokja Pelayanan Kesehatan di lingkungan itu, Selasa (29/10/2013).

Permasalahan lainnya adalah persaingan antar-PSK. Persaingan ini, menurut Sarji, merupakan hal yang paling rentan. Dolly dikenal sebagai tempat pelacuran dengan PSK yang relatif berusia muda, sedangkan Semampir lebih beragam usia penghuninya.

Ia dan rekan pengurus lainnya mengaku sudah mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi. Dalam hal ketertiban, akan dilakukan pembinaan. Sedangkan untuk penularan penyakit, diantisipasi melalui tes kesehatan.

"Kalau mereka datang ke sini, kita akan berlakukan pemeriksaan kesehatan. Mereka tidak boleh melakukan pekerjaannya itu tanpa lolos tes kesehatan terlebih dahulu," kata Sarji.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana melakukan penutupan terhadap lokalisasi Dolly maupun beberapa lokalisasi lainnya. Eksekusi rencana itu akan dilakukan pada 2014 nanti.

Beberapa lokalisasi skala kecil telah ditutup sebagai bagian dari rencana itu. Lokalisasi Semampir terletak di Kelurahan Semampir, Kecamatan Mojoroto. Lokasinya berada di pinggir bantaran Sungai Brantas.

Awal keberadaannya dimulai sekitar tahun 1969 dari tempat penampungan para gelandangan, pengemis, ataupun para PSK yang terjaring razia.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Gang Dolly Akan Ditutup

 

TERBARU
Internet
Minggu, 19 April 2015 09.21 WIB
Kamera iPhone Masa Depan Sekualitas DSLR?
e-Business
Sabtu, 18 April 2015 17.04 WIB
Oppo Buka 3 Toko Sekaligus di Istana BEC Bandung
Gadget
Sabtu, 18 April 2015 15.17 WIB
Apple Watch Baru Bisa Dibeli di Toko Mulai Juni
TERPOPULER
Senin, 13 April 2015 08.15 WIB
Kenapa Orang Sumatera Ogah Pakai "Smartphone"?
Kamis, 16 April 2015 14.32 WIB
Begini Cara Bedakan Galaxy S6 Asli dan "KW"
Rabu, 15 April 2015 13.15 WIB
Dibongkar, "Harga Asli" Galaxy S6 Edge Terungkap
Senin, 13 April 2015 09.40 WIB
Layar Apple Watch Tak Mempan Dibor dan Dipalu
Selasa, 14 April 2015 11.21 WIB
Diperbarui, WhatsApp di Android Tampil Lebih Segar