Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Harinya, Facebook Dibuka 750 Juta Orang

Kompas.com - 30/01/2014, 14:07 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Jumlah "penduduk" aktif jejaring sosial Facebook terus meroket naik. Hal tersebut semakin memperlihatkan dominasi layanan buatan Mark Zuckerberg ini di bisnis jejaring sosial global.

Pada Kamis (30/1/2014), sambil merilis laporan keuangan kuartal IV 2013, Facebook juga membeberkan update terbaru jumlah pengguna aktifnya.

Seperti dikutip dari The Next Web, tercatat dalam Desember lalu, pengguna aktif bulanan Facebook kini sudah melewati angka 1,23 miliar akun. Menurut klaim Facebook, nilai tersebut menunjukkan peningkatan hingga 16 persen dari periode yang sama pada tahun 2012.

Kebanyakan dari pengguna aktif bulanan tersebut mengakses Facebook melalui perangkat mobile, seperti ponsel pintar dan tablet. Facebook mengungkapkan, ada 945 juta pengguna yang mengakses jejaring sosial ini melalui mobile. Angka tersebut melambangkan 39 persen peningkatan dari tahun sebelumnya.

Sementara, rata-rata jumlah pengguna harian Facebook telah mencapai angka 757 juta akun. Pengguna yang mengakses Facebook setiap harinya juga tidak kalah besar, yaitu sebesar 556 juta akun.

Seperti sebelum-sebelumnya, angka pengguna mobile masih menjadi hal yang paling penting bagi Facebook. Facebook saat ini merupakan perusahaan publik yang harus membuktikan kepada investor bahwa penggunanya tetap terus mengakses Facebook saat "bergerak".

Usaha Facebook pun tampaknya telah membuahkan hasil. Pada kuartal tersebut, tercatat bahwa sekitar 76,83 persen akun secara aktif mengakses layanan ini setiap bulannya. Sedangkan, rata-rata pengguna aktif harian Facebook dari perangkat mobile mencapai 73,44 persen.

Angka-angka tersebut meningkat dari 40 persen di tahun 2011, 50 dan 60 persen di tahun 2012, hingga akhirnya mencapai angka 70 persen di tahun 2013. Pada tahun 2014 sendiri, angka tersebut diprediksi akan meningkat hingga 80 persen.

Dari segi finansial, Facebook berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 2,59 miliar dollar AS pada kuartal tersebut. Nilai tersebut berhasil "mengalahkan" prediksi analis yang memperkirakan Facebook akan mendapatkan pendapatan sebesar 2,33 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com