Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 64-bit Digeber untuk Akhir Tahun

Kompas.com - 29/06/2014, 09:40 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber PCWorld
Contoh tampilan antarmuka pada sistem operasi Android L

KOMPAS.com - Google sedang menggeber pengembangan Android L. Sistem operasi mobile yang kompatibel dengan arsitektur 64-bit itu kini sudah bisa diunduh dalam bentuk developer preview.

Nantinya, pada akhir tahun ini, Android L diharapkan sudah final dan siap membawa ekosistem Android ke ranah 64-bit.

Melihat dari tren sejarah, James Bruce, kepala strategi mobile di ARM yang dikutip oleh PC World, mengatakan bahwa kedatangan tablet dan smartphone dengan OS Android 64-bit bahkan bisa lebih cepat lagi, yaitu sekitar Oktober mendatang.

Diperkirakan tablet dengan chip 64-bit akan lebih dulu muncul ke pasaran, baru setelah itu disusul oleh smartphone.

Dukungan 64-bit menawarkan berbagai keuntungan baik secara software maupun hardware. Proses decoding dan encoding video resolusi tinggi, misalnya, bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Google juga menyebutkan bahwa aplikasi-aplikasi bakal berjalan dua kali lebih kencang di atas run time 64-bit Android yang baru.

Pergeseran ke arah 64-bit dipicu oleh Apple saat meluncurkan sistem operasi iOS 7 dan chip A7 saat mengenalkan iPhone 5S, September lalu. Baik software maupun hardware Apple sudah siap mendukung 64-bit.

Beda halnya dengan Android, yang ketika itu sama sekali belum memiliki kedua hal tersebut. Google selaku pemilik Android pun bergegas mengembangkan Android 64-bit.

"Apple mengubah timing untuk semua orang dengan merilis iPhone 64-bit," ujar kepala analis di Insight 64, Nathan Brookwood, yang menyatakan menyambut baik transisi Android ke 64-bit.

Android L dirancang untuk berjalan di atas chip 64-bit dari ARM, Intel, dan MIPS. Beberapa model tablet sebenarnya telah mengusung chip 64-bit, namun sistem operasi yang digunakan masih berbasis 32-bit.

Produsen chip lain yang juga menyiapkan produk untuk Android L 64-bit adalah Nvidia dan Qualcomm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com