Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2015, "Mobil Android" Mulai Beredar

Kompas.com - 19/12/2014, 10:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Google kabarnya sedang menyiapkan versi OS Android yang bakal ditanamkan langsung ke mobil.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Reuters, Jumat (19/12/2014), OS itu nantinya bakal memungkinkan pengemudi menikmati semua manfaat koneksi dengan internet tanpa perlu menghubungkan smartphone dengan kendaraan.

Rencananya, produk-produk mobil pertama yang dilengkapi sistem operasi Android bakal memulai debutnya di pasaran pada 2015.

Android di mobil yang informasinya diperoleh dari sejumlah sumber ini disebut merupakan pengembangan lebih lanjut dari software Android Auto yang tersedia dalam versi terkini dari OS Android.

Dengan Android Auto, pengguna bisa melakukn hal-hal seperti musik streaming dan membuka peta atau aplikasi, tetapi smartphone masih harus dihubungkan dengan mobil.  Begitu juga dengan pesaing Android Auto, CarPlay dari Apple, yang mensyaratkan ponsel terhubung dengan kendaraan.

Dengan mengintegrasikan Android langsung ke dalam sistem mobil, pengendara bisa mengakses aneka layanan Google tanpa perlu bergantung pada smartphone yang bisa saja kehabisan baterai.

Google pun bisa menjadikan Android sebagai standar untuk sistem navigasi dan entertainment kendaraan, sekaligus memperkuat posisinya di ranah otomotif dalam persaingan melawan Apple.

Google sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi soal ini. Sejumlah analis mengatakan bahwa penerapan Android di mobil bakal menghadapi aneka tantangan teknis dan bisnis, termasuk meyakinkan pabrikan otomotif untuk mengintegrasikan layanan Google di mobil bikinan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com