Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Lemah, Harga Ponsel Lenovo Ikut Naik?

Kompas.com - 11/03/2015, 08:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah dalam beberapa hari terakhir. Namun pelemahan tersebut belum cukup signifikan untuk Lenovo mengambil keputusan menaikkan hargai gawai buatannya.

"Buat kita sudah mulai berat karena kita impor pakai dollar (AS). Tapi untuk saat ini kita belum ada rencana menaikkan harga," tegas Country Head Smartphone Division Lenovo Indonesia Adrie R. Suhadi, usai peluncuran Lenovo P70 di Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Seandainya harus menaikkan harga pun, menurut Adrie, mereka tidak akan tergesa-gesa. Persoalannya adalah pelemahan tersebut baru terjadi beberapa pekan belakangan sehingga belum dapat dipastikan berlangsung berapa lama.

"Kita mesti review dulu ini akan terjadi berapa berapa lama. Jangan sampai ketika kita naikkan, lalu dollar malah turun. Kalaupun naik, kita berusaha seminimum mungkin," terangnya.

Selama Februari belakangan, Adrie mengakui penjualan Lenovo pun turun. Meski tidak menyebut angka penurunan pastinya, dia memperkirakan terjadi penurunan hampir 20 persen dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Namun penurunan tersebut dinilainya masih wajar. "Terlalu cepat juga kalau menyebut penjualan Februari turun karena dollar. Soalnya bulan Februari memang biasa turun karena faktor lain, seperti hari raya. Bisa 20 persen turun, tapi itu terjadi pada semua brand," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com