Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Bakal Bisa Prediksi Durasi Kemacetan

Kompas.com - 21/05/2015, 11:51 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google berencana untuk memberikan update untuk layanan pemetaannya, Google Maps. Pembaruan tersebut lebih diutamakan untuk fitur navigasi lalu-lintasnya di versi mobile.

Dikutip KompasTekno dari The Next Web, Kamis (21/5/2015), update tersebut rencananya akan dirilis dalam minggu-minggu ini.

Beberapa fitur yang akan ditambahkan antara lain kemampuan peta memprediksi berapa lama waktu tempuh yang dibuthkan dari satu tempat ke temat tertentu di layar navigasi, berikut penyebab dan alasannya.

Saat pengguna memasukkan tujuan di Google Maps, mereka akan disuguhi rangkuman kondisi lalu-lintas dari rute yang disarankan.

Maps juga akan memberikan peringatan kepada penggunanya tentang kondisi lalu-lintas di depannya saat berkendara, sehingga mereka tahu jika di depan ada kemacetan.

Bahkan, Google Maps juga dirancang untuk memprediksi berapa lama pengguna akan terjebak dalam kemacetan.

Untuk diketahui, kemampuan memprediksi berapa lama kemacetan terjadi ini juga telah hadir di aplikasi lalu-lintas Waze.

Rute alternatif juga akan ditampilkan jika dalam kondisi macet. Mereka juga akan diberi penjelasan mengapa rute alternatif itu disarankan, bis ajadi karena lebih cepat sampai ke tujuan atau kondisi lalu-lintas yang lebih lengang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com