Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Uji Jaringan Jalur Banyuwangi - Bali

Kompas.com - 07/06/2015, 11:18 WIB
Deliusno

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menjelang bulan Ramadhan, operator seluler Telkomsel kembali menggelar uji coba jaringan. Rutinitas tahunan berajuk "Drive Test" ini diadakan untuk memastikan kesiapan jaringan seluler yang biasanya melonjak selama masa Ramadhan dan Lebaran.

Ada yang sedikit berbeda dari uji jaringan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2014 lalu, Telkomsel mengadakan ujicoba jaringan melalui jalur darat menggunakan kereta listrik dari Jakarta ke Surabaya.

Sementara itu, di tahun 2015 ini, ujicoba dimulai dari kota Banyuwangi, Jawa Timur, kemudian dilanjutkan ke Pelabuhan Ketapang, menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk, dan berakhir di Kota Denpasar.

"Dari uji jaringan tahun sebelumnya, dapat dikatakan jaringan Telkomsel sudah bagus untuk jalur darat.‎ Kali ini kita coba di laut," ujar Paulus Djatmiko, VP Network Operation Management Telkomsel di sela-sela ujicoba ini.

Menurut Paulus, alasan lain dari pemilihan jalur ujicoba ini berdasarkan prediksi peningkatan trafik yang cukup signifikan, terutama menjelang liburan Lebaran.

Tidak hanya pemudik, kota Banyuwangi diperkirakan akan dipenuhi oleh pelancong di masa liburan tersebut. Oleh karena itu, Telkomsel merasa perlu mengadakan ujicoba jaringan, sebelum masa liburan tiba.

"Pada saat Lebaran, tidak hanya orang mudik, wisatawan juga bakal memenuhi jalur tersebut," kata Paulus.

Di sela-sela pengujian, Telkomsel sempat memamerkan kecepatan internet yang ada di jaringannya. Bertempat di Pelabuhan Gilimanuk, diadakan konferensi video dengan ruang kontrol Telkomsel di Jakarta dan juga dengan karyawan Telkomsel yang sedang berkendara di kota Denpasar.

Hasilnya cukup bagus. Konferensi dengan karyawan Telkomsel di Jakarta berlangsung lancar, tanpa ada hambatan berarti. Gambar masih terlihat bagus, suara juga terdengar jelas.

Sedangkan, komunikasi dengan karyawan yang bergerak mobile di Denpasar sedikit mengalami gangguan. Gambar sedikit patah dan suara terdengar sengau, meski tidak terlalu mengganggu.

Dalam kesempatan itu juga, pihak Telkomsel menyatakan bahwa uji jaringan ini tidak hanya dipusatkan di Banyuwangi - Denpasar juga. Jalur mudik di semua wilayah Indonesia dikatakan akan terus mendapatkan perbaikan dan peningkatan jaringan.

Harapannya, program True Broadband Experience (TrueBEx) milik Telkomsel dapat terlaksana. TrueBEx merupakan salah satu program utama Telkomsel di tahun 2015 dalam hal peningkatan kualitas jaringan data. Tidak hanya untuk kegiatan browsing dan chatting, TrueBEx diharapkan dapat meningkatkan kualitas video streaming.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com