Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkominfo Gelar Uji Jaringan Lebih Awal

Kompas.com - 24/06/2015, 16:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mengantisipasi lonjakan traffic komunikasi seluler saat mudik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memulai uji jaringan mulai hari ini, Rabu (24/6/2015).

Uji jaringan tersebut dilakukan serentak oleh seluruh operator telekomunikasi di indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Hutchinson Tri dan Telkom.

Rudiantara mengakui persiapan jaringan di pekan pertama puasa ini merupakan upaya percepatan. Tahun-tahun sebelumnya, para operator biasanya melakukan uji jaringan pada dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Waktunya kami majukan supaya lebih siap. Selain itu kan kita punya program besar, yaitu penataan 4G LTE. Penataan ini juga kita freeze seminggu sebelum dan sesudah lebaran untuk memastikan pengguna layanan telekomunikasi tidak mengalami gangguan," terangnya.

Beberapa hal yang diamati dalam pengujian tersebut antara lain coverage, tingkat kesuksesan panggilan telepon dan SMS, kualitas download dan throughput layanan data.

Selain drive test untuk menguji kesiapan jaringan bergerak, operator juga melakukan stationary test agar memastikan kinerja jaringan di titik-titik tertentu yang jadi tempat berkumpul banyak orang. Contoh lokasi stationary test ini adalah di stasiun-stasiun kereta.

"Uji jaringan ini merupakan usaha pemerintah untuk mempermudah masyarakat berlebaran nanti. Bukan cuma Kominfo saja, persiapan serupa juga dilakukan kementerian lain. Misalnya Kemenhub dengan persiapan mudik dan Kemendag dengan cek harga pasar," kata Rudiantara saat membuka apel Pengecekan Kesiapan Jaringan Bergerak Seluler untuk Mudik Lebaran 2015 di Gedung Kemenkominfo.

Lokasi pengujian dipilih jalur mudik yang diprediksi akan ramai. Antara lain, jalur Sumatera antara Jakarta ke Bandar Lampung, bandara Kualanamu menuju kota Medan dan pelabuhan Belawan, kemudian bandara Sultan Mahmud Badaruddin menuju kota Palembang dan pelabuhan.

Pengujian juga dilakukan di jalur kereta api lintas utara (stasiun Gambir, Cirebon, Semarang, Pasar Turi) dan lintas selatan (stasiun Gubeng, Solo Balapan, Tugu, Bandung, Gambir).

Sedangkan pengujian jalur darat dibagi jadi tiga wilayah, yaitu Jawa, Bali dan Makassar. Jalur jawa akan menguji kinerja jaringan antara Jakarta  - Tol Cipali - Brebes, Semarang - Yogyakarta - Solo, dan Surabaya - Tol Gempol Pandaan - Malang.

Jalur darat Bali antara Bandara Ngurah Rai - Tol Mandara - Kuta - Seminyak - dermaga menuju Lombok. Terakhir jalur darat Makassar dari Bandara Hasanuddin - Kota Makassar - Pelabuhan Soekarno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com