Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4G Tahap Dua Telkomsel Sambangi Malang

Kompas.com - 14/12/2015, 10:37 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel memperluas layanan 4G LTE tahap dua ke kota Malang. Kota ke-12 dalam perluasan teknologi internet cepat tersebut dipilih karena memiliki basis pelanggan data yang cukup besar.

Dari total 1,4 juta pengguna Telkomsel di Malang, 70 persennya merupakan pelanggan layanan data. Angka konsumsi data di sana juga menunjukkan tren peningkatan, hingga kuartal ketiga 2015 ini telah tercatat pertumbuhan 104 persen year on year.

"Hadirnya layanan 4G LTE Telkomsel di sini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas para pelajar, dan warga Malang pada umumnya, untuk berkarya, selain juga mendukung aktivitas digital para wisatawan yang berkunjung ke Malang," ujar Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah dalam keterangan resmi pada KompasTekno, Senin (14/12/2015).

Di Malang, operator pelat merah ini menyalakan 4G LTE di dua frekuensi, yaitu 900 MHz dan 1.800 MHz. Mereka mengklaim layanan tersebut sudah meliputi sekitar 70 persen wilayah Kota Apel, terutama di kampus-kampus, pusat perbelanjaan, dan daerah tujuan wisata.

Pelanggan di Malang saat ini sudah dapat menukarkan kartu Sim mereka dengan uSIM, ataupun mendapatkan kartu perdana 4G LTE simPATI dan kartuHALO di pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI Malang).

Secara nasional Telkomsel sudah memiliki lebih dari 2.200 base transceiver station (BTS) 4G LTE. Jumlah pemancar itu digunakan untuk melayani sekitar 2 juta pelanggan internet cepat.

Sebelum menyambangi Malang, 4G LTE Telkomsel sudah lebih dulu hadir di Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, Batam, Yogyakarta, dan Balikpapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com