Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opera Patahkan Mitos Video Panjang Tak Laku di Internet

Kompas.com - 27/03/2016, 09:45 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Growth Director Asia, Opera Software, Ivollex Hodiny mengatakan, pengguna internet sekarang mulai tertarik dengan video dengan durasi di atas 10 menit.

Riset yang dilakukan perusahaan pembuat browser asal Norwegia itu dilakukan melalui film pendek buatannya yang berjudul "Arah Kisah Kita" yang mulai dirilis pada 3 Februari lalu di kanal YouTube perusahan, situs micropage Opera, dan jejaring sosial miliknya.

"50 persen penonton menonton film pendek Arah Kisah Kita hingga akhir cerita dengan durasi selama 15 menit," kata Hodiny dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (27/3/2016).

Fakta tersebut sekaligus mematahkan penemuan yang berbeda yang mengatakan kecenderungan netizen selama ini hanya tertarik pada konten video berdurasi di bawah 10 menit saja.

Namun, menurut Hodiny, untuk menjaga agar netizen tetap setia menonton video hingga akhir itu ada syaratnya, yaitu konten yang relevan.

"Dengan konten cerita yang relevan, Opera mampu mengajak netizen untuk menikmati video ini (film Arah Kisah Kita) hingga akhir," ujar Hodiny.

Film pendek Arah Kisah Kita buatan Opera memang sengaja dibuat “menggantung”. Opera kemudian menggandeng sejumlah YouTubers (penggiat YouTube) untuk membuat alternate ending (akhir cerita yang berbeda-beda) dari film produksinya itu.

Kelima YouTubers yang berpartisipasi adalah Cameo Project, Dikidi Channel, Sarab TV, GPS (Ga Penting Sih) Channel, dan Susah Tidur. Video alternate ending hasil karya mereka diluncurkan bertepatan dengan Hari Valentine, 14 Februari 2016 lalu.

"Semoga konsep serupa dapat kami replikasi di masa mendatang dan menghasilkan lebih banyak lagi karya kolaborasi konten video yang berkualitas,” tandas Hodiny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com