Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Fiber Optik? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kompas.com - 27/04/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui tentang apa itu fiber optik, terutama ketika tengah mempelajari soal jaringan komputer dan internet. Fiber optik menjadi teknologi yang saat ini umum dipakai pada berbagai jaringan.

Fiber optik umum digunakan untuk menghubungkan jaringan karena memiliki kelebihan tersendiri. Lantas, sebenarnya apa itu fiber optik? Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap beberapa pengetahuan dasar mengenai fiber optik.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaannya

Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai pengertian fiber optik, fungsi, cara kerja, jenis, serta kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian fiber optik

Fiber optik adalah teknologi media transmisi berupa kabel yang memiliki fungsi utama untuk mengirim informasi, mengirim data, atau menghubungkan jaringan. Dalam fiber optik, sinyal listrik yang memuat informasi diubah jadi cahaya dan dikirim melalui serat kaca atau plastik.

Secara struktur, fiber optik memiliki diameter selebar 120 mikrometer saja. Kabel serat optik dapat mengandung serat kaca yang berjumlah hingga ratusan. Kabel serat optik bisa terdiri dari beberapa lapisan.

Di bagian paling dalam, terdapat lapisan inti serat kaca. Kemudian, ada lapisan kaca lain yang disebut cladding untuk melindungi inti serat kaca. Lapisan tabung buffer melindungi cladding dan lapisan jacket adalah lapisan terakhir untuk melindungi setiap helai serat.

Sebagaimana disebutkan di atas, kabel optik umum digunakan karena kelebihannya dibandingkan dengan kabel tembaga. Beberapa kelebihan tersebut termasuk bandwidth dan kecepatan transmisi yang lebih tinggi.

Itulah penjelasan mengenai pengertian fiber optik. Lalu, apa fungsi fiber optik? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai fungsi fiber optik.

Fungsi fiber optik

Ada banyak fungsi fiber optik yang perlu diketahui. Fiber optik umum digunakan untuk mendukung jaringan yang membutuhkan transmisi data dalam skala jarak jauh dan berkinerja tinggi.

Fiber optik juga umum digunakan dalam layanan telekomunikasi, seperti internet, televisi, dan telepon. Fungsi fiber optik bisa digunakan untuk berbagai bidang. Dikutip dari Tech Target, adapun penjelasan soal fungsi fiber optik di berbagai bidang adalah sebagai berikut.

1. Fungsi fiber optik di jaringan komputer

Fungsi fiber optik yang paling umum bisa dilihat pada jaringan komputer. Di jaringan komputer, fiber optik digunakan untuk mentransmisikan data dan memberikan bandwidth berkecepatan tinggi.

Fiber optik sering digunakan dalam penyiaran untuk menyediakan koneksi dan kinerja yang lebih baik. Kemudian, fiber optik juga umum digunakan untuk mendukung jaringan internet dan televisi kabel.

2. Fungsi fiber optik di jaringan bawah laut

Kabel fiber optik dapat digunakan di lingkungan yang ekstrem. Fiber optik dapat mendukung penyediaan jaringan bawah laut. Pasalnya, fiber optik dapat tenggelam dalam air dan tidak perlu sering diganti.

3. Fungsi fiber optik di bidang militer dan antariksa

Fiber optik berguna pada industri militer dan antariksa untuk menyediakan pelacakan suhu. Selain itu, fiber optik juga berfungsi untuk membangun sarana komunikasi dan transfer sinyal. Fiber optik dapat bermanfaat karena bobotnya lebih ringan dan ukuran lebih kecil.

4. Fungsi fiber optik di bidang kedokteran

Kabel fiber optik sering digunakan dalam berbagai peralatan medis untuk memberikan pencahayaan yang tepat. Fiber optik juga berguna untuk menyediakan sensor biomedis yang membantu dalam prosedur medis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com