Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Konsep Motor Pintar Rancangan Samsung dan Yamaha

Kompas.com - 29/03/2016, 15:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge


KOMPAS.com - Setelah mobil, giliran motor yang dibikin “pintar”. Tepatnya, kendaraan roda dua itu bisa ditambahi kaca depan cerdas yang ditempel di depan dashboard seperti perangkat windshield pada umumnya.

Konsep produk bernama Smart Windshield ini merupakan buah kerja sama dua raksasa di bidang elektronik dan otomotif, yakni Samsung dan Yamaha, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (29/3/2016).

Cara kerja Smart Windshield belum dijelaskan secara pasti. Video demonstrasi yang dirilis Samsung memperlihatkan bahwa ia berfungsi mirip Head-Up Display pada pesawat tempur yang menampilkan berbagai informasi di kaca depan.

Bedanya, Smart Windshield bukan memperlihatkan informasi soal rudal atau sasaran tembak, melainkan aneka macam notifikasi dari smartphone sang pengendara motor yang terhubung lewat koneksi Wi-Fi.

“Smart Windshield menampilkan navigator GPS, jadi Anda selalu tahu arah. Atau, siapa yang menelepon, jadi Anda bisa memutuskan apakah ingin berhenti dan menjawab panggilan,” sebut narator video Samsung dalam deskripsinya soal pernagkat itu.

Jenis notifikasi lain yang bisa ditampikan mencakup pesan teks, e-mail, dan lain-lain.

Bisa dibilang fungsinya mirip-mirip smartwatch, tapi untuk melihatnya tak perlu mengalihkan pandangan ke pergelangan tangan. “Anda hanya perlu melihat ke depan,” lanjut sang narator.

Samsung mengklaim bahwa Smart Windshield bakal meningkatkan keamanan berkendara karena pengguna jadi relatif tak terganggu dengan gadget selagi menunggangi sepeda motornya.

Pengendara motor yang sibuk menggenggam smartphone memang bukan monopoli Indonesia, melainkan juga terjadi di luar negeri, terutama di kalangan anak muda.

Tentu, klaim Samsung soal keamanan Smart Windshield ini masih perlu dibuktikan kebenarannya. Masih belum jelas mana yang lebih berbahaya, pengendara yang perhatiannya teralihkan oleh smartphone atau kaca depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com