Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Pakai QuickTime di Windows? Hapus Segera

Kompas.com - 18/04/2016, 10:39 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pengguna aplikasi pemutar media QuickTime Player di sistem operasi Windows, sebaiknya mulai menghapus aplikasi tersebut.

Ada dua alasan untuk hal itu. Pertama, Apple tidak akan memberikan dukungan pembaruan atau update keamanan untuk aplikasi QuickTime di platform Windows, dan merekomendasikan untuk menghapusnya.

Himbauan ini hanya berlaku bagi pengguna sistem operasi Windows, tidak berlaku bagi pengguna OS Apple, Mac OS X.

Alasan kedua, tim dari Zero Day Initiative, tim yang terdiri atas ahli keamanan yang aktif mencari celah berbahaya di suatu program, telah menemukan dua lubang keamanan dalam program QuickTime di Windows.

Dan karena Apple sudah tidak memberikan dukungannya lagi maka lubang keamanan tersebut tidak akan pernah ditambal.

Sebagaimana KompasTekno kutip dari blog milik firma keamanan Trend Micro, Senin (18/4/2016), hingga saat ini memang belum ada kerugian yang dilaporkan akibat adanya celah keamanan di QuickTime. Namun ada baiknya berjaga-jaga melindungi sistem Windows dengan cara meng-uninstall-nya.

QuickTime biasanya terpasang di Windows versi lama, seperti Windows XP, Windows Vista, dan Windows 8.

Informasi tentang cara menghapus aplikasi QuickTime untuk Windows bisa ditemui di situs Apple di URL berikut ini, https://support.apple.com/HT205771

Selain QuickTime, program dan sistem operasi lain yang tidak lagi mendapatkan update adalah Microsoft Windows XP dan Oracle Java 6, sebagaimana KompasTekno kutip dari blog milik firma keamanan Trend Micro, Minggu (17/4/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com