Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koran Beken Rambah Bisnis Pengiriman Makanan

Kompas.com - 09/05/2016, 15:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Bisnis media di AS mulai dilanda kesulitan mencari pemasukan. Berbagai cara baru pun dicoba untuk mengisi pundi-pundi perusahaan, termasuk bisnis pengiriman makanan.

Hal ini baru saja dilakukan oleh salah satu koran beken di Negeri Paman Sam, New York Times, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (9/5/2016).

Minggu lalu, New York Times mengumumkan kemitraan dengan Chef’d, sebuah startup asal California, untuk mengirimkan bahan-bahan makanan.

Aneka bahan tersebut dicocokkan dengan resep-resep yang tampil di situs masak-memasak NYT Cooking. Jadi, pembaca yang ngiler dengan makanan dalam artikel bisa memesan bahan yang sesuai dan coba memasak sendiri di rumah.

Cukup dengan memesan resep yang diinginkan, Chef’d pun akan mengirim bahan-bahan segar yang diperlukan ke rumah pembaca dalam waktu 24 hingga 48 jam.

Layanan antar bahan makanan ala New York Times dan Chef’d ini belum resmi tersedia dan rencananya baru akan meluncur sekitar pertengahan tahun 2016.

Chef’d adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bisnis pengiriman bahan makanan. Di AS terdapat beberapa perusahaan lain yang sejenis, antara lain Blue Apron dan Plated.

Adapun New York Times sedang berusaha mencari jalur pemasukan lain di luar bisnis koran tradisional. Sebagian besar pendapatannya masih berasal dari sirkulasi dan iklan yang mulai tergerus seiring dengan perubahan iklim media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com