Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Rosario Castellanos yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 25/05/2016, 06:51 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Halaman utama Google pada Rabu (25/5/2016) dihiasi dengan doodle untuk memperingati hari ulang tahun ke-91 dari penyair asal Meksiko, Rosario Castellanos.

Google membuat ilustrasi Rosario Castellanos yang sedang memegang buku sambil memandang bulan. Bagian bulan tersebut dan kepala wanita ini dijadikan unsur untuk membentuk tulisan "Google".

Namun, siapa sebenarnya Rosario Castellanos yang dijadikan Google Doodle hari ini?

Dikutip KompasTekno dari BBC, Rabu (25/5/2016), Rosario Castellanos lahir pada 25 Mei 1925 di Mexico City, Meksiko.

Rosario Castellanos mulai menulis puisi pada tahun 1940. Awalnya, ia berusaha menyenangkan orangtuanya dengan belajar hukum, tetapi malah meninggalkan ilmu tersebut.

Pada tahun 1950, Rosario Castellanos mendapat gelar Master di bidang filosofi dari Universidad Nacional de Mexico. Tesisnya yang berjudul Sobre Cultura Femenina menjadi salah satu pemacu gerakan wanita di Meksiko kala itu.

Sepanjang karirnya, Rosario Castellanos menulis beberapa seri puisi, novel, cerita pendek, dan juga essay. Kebanyakan karyanya mengeksplorasi kehidupan sebagai wanita dan menjadi seorang Meksiko.

Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Ciudad Real, yang berisikan potret kehidupan warga Chamula, Meksiko. Untuk menulis karyanya yang satu ini, Rosario Castellanos mewawancarai doktor dan antropolog yang berjuang menyelesaikan masalah di tempat itu.

Beberapa karya Rosario Castellanos yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris adalah Trayectoria del polvo, Looking at the Mona Lisa, Ciudad Real, dan Balun Canan.

Pada 7 Agustus 1974, Rosario Castellanos meninggal karena kecelakaan yang terkait dengan listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com