Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2016, 08:04 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com - Shayla Wiggins (19) asal Wyoming sedang berburu Pokemon tipe air di pinggir jembatan sungai Big Wind. Namun, bukannya menambah koleksi Pokemon, ia malah menemukan sesosok tubuh yang tak bergerak.

"Saya harus melihat dua kali, baru bisa sadar kalau itu mayat manusia," ujar Wiggins pada County10.com, yang dilansir pada Sabtu (9/7/2016).

Tubuh itu berada di bawah jembatan Wyoming Highway 789. Polisi setempat menduga bahwa penyebab kematian adalah kecelakaan tak disengaja dan karena tenggelam.

Selain di Wyoming, hal tidak terduga juga dialami warga Queens, New York. Dikutip dari New York Post, Evan Scribner mengaku bahwa ia terpaksa kembali menyandang status jomblo setelah bermain Pokemon Go.

Nasibnya bermula ketika Scribner ketahuan oleh sang pacar saat menangkap Pokemon di rumah mantan kekasihnya. Rekam jejak lokasi yang didatangi pemburu Pokemon ini memang tercatat dalam aplikasi tersebut dan bisa dilihat siapa saja.

Saat dikonfrontasi, Scribner tidak punya alasan yang cukup bagus untuk menutupi kenyataan tersebut. Sang pacar pun akhirnya pergi dan belum menghubunginya lagi sejak kejadian tersebut.

Tak hanya itu. Peristiwa tidak kalah mengagetkan juga terjadi dekat dengan Tanah Air. Di Australia, kepolisian wilayah Darwin sempat mengeluarkan surat pernyataan resmi agar penduduk tidak menangkap Pokemon di kantor polisi setempat.

Pasalnya, kantor polisi wilayah itu memang menjadi Pokestop atau tempat menangkap Pokemon. Pemain yang menandatangani pun tidak bisa dibilang sedikit.

Bikin ketagihan

Sejak kemunculannya pada 6 Juli 2016 lalu, Pokemon Go sudah langsung memikat hati masyarakat dalam waktu singkat. Wajar saja, permainan ini seperti menjawab mimpi anak-anak era '90-an yang bercita-cita ingin menjadi Satoshi dan Takeshi--dua tokoh utama dalam kartun Pokemon.

Kejutan-kejutan seperti tiga kisah di atas justru semakin menambah "bumbu penyedap" dan membuat gamer semakin ketagihan. Terbukti, total pengguna harian aktif Pokemon Go kini sudah mencapai 21 juta orang di seluruh dunia.

Menurut SurveyMonkey, angka tersebut melebihi rekor beberapa permainan populer, misalnya Candy Crush, Clash Royale, dan Minecraft. Selama masa keemasannya pada 2013, Candy Crush hanya mampu menarik 20 juta pengguna harian aktif.

SensorTower juga mencatat bahwa seseorang menghabiskan waktu lebih lama untuk bermain Pokemon Go dibandingkan membuka media sosial. Rata-rata, pengguna akan mengakses game ini selama 33 menit, sedangkan Facebook cukup 22 menit saja.

The Pokemon Company Pokemon Go

Belum telat

Anda belum terlambat, jika belum tahu atau mencoba bermain Pokemon Go. Permainan ini sebenarnya belum dirilis resmi di Indonesia, walau file dalam bentuk APK --format berkas-- sudah bisa ditemukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com