Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Bluetooth, Nikon D5600 Bisa Terhubung Smartphone

Kompas.com - 11/11/2016, 15:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Nikon resmi merilis kamera DSLR entry level terbarunya, D5600. Hal menarik dari seri ini adalah ketersediaan koneksi Bluetooth untuk menghubungkan kamera dengan smartphone, dan memindahkan foto.

Keunggulan Bluetooth ini adalah kamera bisa secara konstan terhubung ke ponsel Android atau iOS, dan tanpa mengganggu koneksi seluler.

Selain itu, koneksi ini dijanjikan tidak menguras baterai kamera maupun ponsel. Nikon memang menggunakan Bluetooth Low Energy yang diklaim mengonsumsi lebih sedikit daya baterai dibanding koneksi lain.

Pengguna ponsel mesti memasang aplikasi SnapBridge untuk bisa terhubung dengan Nikon D5600. Setelah terhubung, maka kamera dapat memindahkan foto atau melakukan sinkronisasi waktu, tanggal, informasi hak cipta, dan lokasi sesuai data pada ponsel.

Soal spesifikasi, Nikon D5600 ini sebenarnya tak jauh beda dengan D5500 yang lebih dulu dirilis. Nikon D5600 masih memakai sensor CMOS 24,2 megapiksel dengan jangkauan ISO atara 100 sampai 25600. Ada juga prosesor pemrosesan gambar EXPEED 4 di dalamnya.

Nikon hanya menyematkan sedikit pembaruan di D5600. Antara lain berupa playback controls pada LCD kamera, tombol Fn yang bisa dipakai mengatus ISO, serta mode time-lapse.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Slashgear, Jumat (11/11/2016), Nikon mengatakan hanya akan meluncurkan seri D5600 ini di Jepang. Belum diungkap apakah D5600 juga akan dirilis di negara-negara lain, seperti Indonesia.

Saat diluncurkan nanti, Nikon D5600 akan dibanderol di kisaran harga yang tidak jauh dari 900 dollar AS atau sekitar Rp 12 juta hingga 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 13,3 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SlashGear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com