Cara "Posting" Kolase Foto di Instagram Stories Halaman 1 - Kompas.com

Cara "Posting" Kolase Foto di Instagram Stories

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 18/04/2017, 14:35 WIB
screenshot Instagram Stories

KOMPAS.com - Intagram Stories tak hanya asik untuk dimainkan menggunakan video pendek. Jika menginginkannya Anda juga bisa berkreasi menggunakan foto.

Salah satu contohnya merangkai dua atau empat foto menjadi sebuah kolase dan menayangkannya di Instagram Stories. Foto-foto tersebut akan diperlakukan seperti halnya video pendek; akan hilang secara otomatis setelah 24 jam.

Sebagaimana diuji KompasTekno, untuk membuat kolase dalam Instagram Stories ini perlu dilakukan dengan trik tertentu. Pasalnya Instagram sendiri tidak menyematkan fitur kolase di dalam aplikasinya.

Nah, selengkapnya untuk mencoba berkreasi menggunakan kolase foto di Instagram Stories bisa Anda simak melalui cara di bawah ini.

1. Pasang aplikasi kolase

Supaya bisa membuat kolase foto, Anda mesti mengunduh aplikasi kolase terlebih dulu. Aplikasi ini biasanya dibuat khusus untuk tujuan kolase atau ada juga yang disematkan dalam aplikasi pengedit foto.

Anda bisa mendapatkannya melalui Google Play Store atau Apple App Store. Ada juga smartphone tertentu yang memang sudah dibekali fitur membuat kolase di dalamnya.

KompasTekno mencoba membuat kolase foto menggunakan aplikasi Pic Collage dan Layout untuk Android yang ada di Google Play Store. Klik tautan berikut ini untuk mengunduh Pic Collage dan tautan ini untuk mengunduh Layout.

Pic Collage bisa digunakan untuk mengedit dan membuat kolase mulai dari dua hingga maksimal sembilan foto. Setelah memasang aplikasi ini, pengguna cukup memilih menu Grids, tentukan foto-foto yang akan dipakai di kolase dan pilih bingkai yang akan digunakan.

Setelah melakukan semua hal di atas, tinggal sentuh tombol Done yang ada di bagian kanan bawah. Anda akan diberi pilihan untuk membagikan kolase itu ke berbagai media sosial atau menyimpannya ke memori penyimpanan.

screenshot Aplikasi Pic Collage

Kolase yang dibuat menggunakan Pic Collage akan dibubuhi watermark. Jika ingin menghilangkan watermark ini, Anda mesi mengunduh versi berbayarnya melalui toko aplikasi.

Alur pembuatan di aplikasi Layout tidak jauh berbeda dengan Pic Collage. Anda cukup mengunduh Layout, memilih foto mulai dari satu hingga maksimal sembilan foto, dan menentukan tata letak yang disukai.

screenshot Aplikasi Layout

Kolase yang diproses menggunakan Layout tidak memiliki watermark. Setelah selesai membuatnya, Anda cukup simpan atau langsung bagikan ke media sosial.

Page:
PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM