Xiaomi Mi 6 Resmi, Kamera Ganda, Anti-air, dan Minus Port Audio Standar - Kompas.com

Xiaomi Mi 6 Resmi, Kamera Ganda, Anti-air, dan Minus Port Audio Standar

Reza Wahyudi
Kompas.com - 19/04/2017, 14:00 WIB
KOMPAS.com/Reza Wahyudi Mi 6 diumumkan langsung oleh CEO Xiaomi Lei Jun di China, Rabu (19/4/2017)

BEIJING, KOMPAS.com - Setelah sebulan terakhir ramai diperbincangkan, Xiaomi Mi 6 akhirnya resmi diluncurkan hari ini, Rabu (19/4/2/2017), dalam sebuah acara yang digelar di Universitas Teknologi Beijing, China.

Kemunculan Mi 6 sangat ditunggu-tunggu fans Xiaomi yang telah menanti selama 203 hari sejak peluncuran Mi 5s dan 5s Plus pada September tahun 2016 lalu. (Baca: Fans Xiaomi Padati Lokasi Peluncuran Xiaomi Mi 6 di Beijing)

"Kami menunggu 7 tahun untuk meluncurkan Mi 6," kata CEO Xiaomi Lei Jun di atas panggung acara peluncuran, Rabu siang, yang juga dihadiri jurnalis KompasTekno, Reza Wahyudi.

Seperti rangkaian rumor yang beredar sebelumnya, Mi 6 membawa sejumlah pembaruan dibanding pendahulunya.

Perubahan yang paling kentara adalah fitur anti-air. Tim desain Xiaomi dikatakan berhasil membuat desain yang mampu membuat air tidak bisa masuk ke bagian dalam perangkat.

Perubahan lain yang sangat mencolok di Mi 6 adalah hilangnya jack audio standar 3,5 mm. Sebagai gantinya, pengguna harus memakai earphone bawaan berbasis USB Type-C.

Langkah berani Xiaomi menghapus jack audio standar ini mengikuti Apple dengan iPhone 7. Sebelum Mi 6, sudah ada Motorola Moto Z yang terlebih dahulu hadir tanpa jack audio 3,5 mm.

KOMPAS.com/Reza Wahyudi Bentuk Xiaomi Mi 6

Spesifikasi Mi 6

Dari sisi spesifikasi, Xiaomi Mi 6 dibekali kamera lensa ganda (dual camera) untuk kamera utamanya. Fitur kamera ganda sudah menjadi tren baru yang "wajib" disematkan di smartphone flagship terbaru.

Xiaomi menyebut kamera ganda tersebut dengan istilah "dual camera with optical zoom". Konfigurasinya adalah satu kamera 12 megapiksel untuk mengambil gambar wide-angle dan satu kamera 12 megapiksel untuk keperluan telephoto.

KOMPAS.com/Reza Wahyudi Xiaomi Mi 6 menggunakan kamera ganda di bagian belakangnya

Dari segi desain, Xiaomi Mi 6 tak menawarkan perubahan yang sangat mencolok. Tak ditemui bingkai layar (bezel) yang tipis seperti bocoran foto Mi 6 yang beredar sebelum peluncuran.

Secara umum, Xiaomi Mi 6 bisa disebut mirip dengan seri Mi 5s yang menggunakan panel kaca lengkung (edge) di sisi kiri-kanan bodi. Masih terdapat tombol fisik Home yang berfungsi juga sebagai pemindai sidik jari.

Menurut Lei Jun, Mi 6 berbahankan logam sehingga lebih nyaman untuk digenggam. Mi 6 sendiri merupakan smartphone kedua Xiaomi yang menggunakan bahan logam. Perangkat pertama Xiaomi yang hadir dengan logam adalah Mi 4.

Mi 6 sendiri hadir dengan layar berbentang 5,15 inci. Tidak ada Mi 6 Plus seperti yang dirumorkan selama ini. Artinya, tidak ada pilihan layar yang lebih besar dari itu.

Dari segi "otak" pemrosesan, Mi 6 dibekali dengan chipset Snapdragon 835 bikinan Qualcomm. Chipset ini berasitektur 10 nm dan juga dibekali dengan GPU Adreno 540.

"Mi 6 merupakan smartphone pertama bikinan perusahaan China yang menggunakan Snapdragon 835," tutur Lei Jun.

Selain itu, Mi 6 juga dibekali dengan RAM 6 GB. Ada dua pilihan media penyimpanan, yakni 64 GB dan 128 GB.

Baterai dari perangkat ini bisa dikatakan jumbo, yakni 3.350 mAh. Sebagai perbandingan, Galaxy S8 memiliki baterai 3.250 mAh dan iPhone 7 dengan baterai 1.960 mAh.

Baca: Ini Dia Harga Xiaomi Mi 6, Termurah Rp 4,8 Juta

PenulisReza Wahyudi
EditorDeliusno

Komentar
Close Ads X