Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bakal Berhenti "Baca" Isi Gmail Pengguna

Kompas.com - 25/06/2017, 12:26 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Gmail merupakan salah satu layanan e-mail dengan jumlah pengguna terbanyak saat ini, yakni mencapai 1,2 miliar orang. Meski begitu, layanan tersebut banyak mendapat kritikan karena Google bisa "membaca" atau scanning isi inbox setiap pengguna.

Untuk apa sistem Google "membaca" isi e-mail pengguna? Google ternyata memindai setiap kata yang ada di e-mail untuk menentukan iklan yang tepat bagi pengguna.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan kemampuan seperti itu. Toh, hal tersebut dilakukan demi iklan. Meski begitu, masih banyak orang yang merasa Google bisa saja mencari dan membaca langsung isi e-mail seseorang.

Untungnya, kemampuan scanning e-mail tersebut akan dihilangkan oleh Google. Awalnya, dihilangkannya kemampuan membaca isi e-mail tersebut sudah dilakukan di aplikasi versi enterprise Google. Kemudian, kemampuan tersebut diputuskan akan dihilangkan juga dari versi konsumer.

"Konten Gmail konsumer tidak akan digunakan atau dipindai untuk personalisasi iklan setelah perubahan ini," tulis Google, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Minggu (25/6/2017).

Google sendiri tidak menyebutkan tanggal dari dihilangkannya kemampuan tersebut. Yang pasti, penghapusan fitur tersebut akan dilakukan tahun ini juga.

Punya cara lain

Lantas, setelah penghapusan itu, bagaimana cara Google mengumpulkan data pengguna demi iklan? Tentunya, Google masih punya banyak cara untuk melakukan hal tersebut.

Caranya dengan melihat pola pemutaran video di YouTube, pencarian kata kunci melalui layanan Google Search, situs yang dikunjungi pengguna, dan aplikasi yang digunakan pengguna Android.

Pengguna sendiri bisa mematikan kemampuan Google untuk menampilkan targeted ad atau iklan dengan target itu. Akan tetapi, Google bakal tetap mengumpulkan data dari pola pengguna menggunakan layanannya.

Selain Google, Facebook dan Apple sebenarnya melakukan hal serupa. Tujuannya sama, yakni demi iklan yang pas untuk pengguna.

Baca: Akhir 2017, Buka Gmail di Chrome untuk XP dan Vista Bakal Berbahaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com