Ganti Pemandu di Waze dengan Suara Sendiri, Begini Caranya - Kompas.com

Ganti Pemandu di Waze dengan Suara Sendiri, Begini Caranya

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 12/07/2017, 15:38 WIB
Logo WazeWaze Logo Waze

KOMPAS.com - Waze baru saja memperbarui aplikasinya dengan fitur Voice Recorder, yang berguna untuk merekam suara pengguna dan memasangnya sebagai suara pemandu perjalanan.

Voice Recorder sebenarnya sudah bisa dipakai di smartphone Android sejak sekitar dua pekan lalu. Tapi baru sekarang Waze mengirimkan fitur tersebut ke smartphone dengan sistem operasi iOS.

Hal menarik dari fitur ini adalah Anda bisa merekam suara siapapun kemudian memasangnya sebagai ganti suara pemandu perjalalan. Bahkan, Anda juga bisa membagikan hasil rekaman itu kepada para pengguna lain.

Cara mengubah suara pemandu itu pun mudah. Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (12/7/2017), berikut ini cara untuk memasang suara Anda sebagai pemandu arah di Waze.

Waze Voice Recorder9to5Mac Waze Voice Recorder

Pertama, pasang aplikasi Waze. jika menggunakan Android Anda bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini, jika menggunakan iOS bisa melalui tautan berikut ini.

Kedua, buka Waze dan masuk ke dalam kolom Setting dan lanjutkan ke kolom Sound and Voice. Di dalam kolom ini akan ada terlihat pilihan Voice Direction, sentuh dan masuklah.

Ketiga, pilihlah Record new voice dengan cara menyentuh ikon plus "+" yang ada di sana. Selanjutnya Anda akan masuk ke dalam kolom Voice Recorder yang berisi berbagai kalimat dan panduan untuk merekam suara.

Total ada 39 kalimat yang mesti Anda rekam dengan suara sendiri. Cara merekamnya mudah, cukup sentuh salah satu kata yang tertulis dalam kolom Voice Recorder. Misalnya “All set. Let’s go!” atau “In 200 meters”.

Keempat, setiap kali Anda menyentuh satu kalimat, akan muncul opsi merekam suara Anda saat mengucapkan kalimat tersebut. Rekamlah dan simpan jika memang Anda sudah merasa cocok dengan hasilnya.

Kemudian ulangi langkah tersebut hingga Anda selesai merekam suara Anda saat mengucapkan kalimat-kalimat itu.

Kelima, setelah selesai menyimpan semua rekaman ucapan Anda, kembalilah ke menu Voice Directions. Anda sekarang mendapat pilihan baru berupa suara hasil rekaman sendiri. Cukup pastikan tombol hijau di samping nama rekaman pribadi menyala.

Setelah selesai melakukan semua langkah tersebut, maka gunakanlah Waze seperti biasa. Anda akan mendengar bahwa suara yang memandu jalan adalah suara yang Anda rekam.

Sekadar diketahui, fitur Voice Recorder ini hanya tersedia di Waze versi 4.26, baik untuk Android maupun iOS.|

Baca: Bisa Ganti Ikon Mobil di Waze dengan Pesawat, Begini Caranya

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto
SumberPhone Arena,

Komentar
Close Ads X