Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Anti-intip Link di Chatroom

Kompas.com - 08/04/2024, 17:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan akan menambah lagi fitur baru terkait privasi. Bakal fitur baru ini adalah lapisan keamanan yang ditambahkan ke tautan (link) yang dikirim ke chatroom (ruang obrolan).

Lapisan keamanan tersebut nantinya akan menyembunyikan pratinjau (preview) dari tautan (link) yang dikirim ke ruang obrolan. 

Seperti diketahui, ketika mengirimkan tautan lewat chat WhatsApp, sistem akan langsung memunculkan pratinjau dari link yang dikirim. Umumnya, pratinjau akan muncul seperti thumbnail disertai judul website yang bakal dibagikan.

Baca juga: Fitur Kunci Pesan WhatsApp Bakal Diperketat, Pesan Rahasia Makin Aman

Di fitur keamanan baru WhatsApp ini, tampilan preview tadi bisa disembunyikan. Fitur itu bakal muncul di menu Settings bagian Privacy.

Cara menyembunyikan preview link yang dikirim ke chat WhatsApp. Klik menu Settings, pilih Privacy, klik Advance, dan aktifkan toggle Disable link previewsAndroid Police Cara menyembunyikan preview link yang dikirim ke chat WhatsApp. Klik menu Settings, pilih Privacy, klik Advance, dan aktifkan toggle Disable link previews

Fitur bisa diaktikan langsung dengan mengeklik menu “Advanced”. Di sana, pengguna bisa menggeser toggle fitur “Disable link previews”. Pengaturan tersebut terletak di menu yang sama, jika pengguna ingin menyembunyikan alamat IP di panggilan suara.

Jika toggle sudah berubah warna dari abu-abu menjadi hijau, tandanya fitur sudah aktif. Di bawah nama fitur, WhatsApp juga menegaskan aktivasi fitur keamanan ini dapat membantu pengguna melindungi alamat IP supaya tidak mudah terdeteksi oleh situs pihak ketiga.

“Untuk membantu Anda melindungi alamat IP agar tidak terdeteksi situs web pihak ketiga. Pratinjau untuk tautan yang Anda bagikan dalam obrolan tidak akan di-generate lagi,” jelas WhatsApp dalam tangkapan layar yang dibagikan Android Police, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Senin (8/4/2024).

Namun, kehadiran fitur keamanan baru ini masih dalam versi beta alias tahap pengembangan. Pantauan KompasTekno, fitur menyembunyikan pratinjau link masih belum muncul di menu Settings (Pengaturan) aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Jangan Kaget Tampilan WhatsApp Berubah, Ini Penyebabnya

Fitur keamanan ini cukup efektif untuk meningkatkan privasi, terutama jika berada di ruang publik. Dengan menon-aktifkan pratinjau, tautan yang kemungkinan bersifat rahasia tidak akan mudah diintip oleh pihak lain.

Sebab, apabila link yang dikirim memunculkan preview, otomatis orang-orang yang berada di dekat Anda bisa iseng mengintip isi tautan yag sedang dikirim.

Selain menon-aktifkan fitur pratinjau link, WhatsApp juga dikabarkan tengah memperketat fitur kunci pesan (chat lock). Nantinya, fitur chat lock tidak hanya berlaku di perangkat utama saja, tetapi juga terpasang di perangkat yang ditautkan, alias perangkat yang terhubung dengan ponsel utama.

Adanya tambahan lapisan keamanan yang dihadirkan, membuat platform perpesanan instan milik Meta semakin aman untuk dipakai bertukar pesan dengan orang lain. Tidak hanya untuk kalangan keluarga, kerabat, pasangan, tetapi juga bisnis.

Sebagaimana fitur menon-aktifkan pratinjau link, fitur perluasan chat lock juga masih dalam tahap pengembangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com