Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2017, Canon Ingin Jual 100.000 Kamera Saku di Indonesia

Kompas.com - 20/07/2017, 16:03 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Datascrip mengaku penjualan kamera poket (compact), atau juga dikenal dengan kamera saku, Canon tergerus oleh smartphone. Canon terus berupaya mengatasi masalah itu dengan merilis kamera baru yang menarik segmen anak muda.

"Dibandingkan tahun lalu, penjualan kamera compact turun, kita tidak bisa menutupi bahwa smartphone kian populer," kata Angelie Ivone, Marketing Manager Canon Division PT Datascrip, di sela peluncuran Powershot SX730 HS di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Total penurunannya sendiri, diakui wanita yang akrab disapa Angel itu, mencapai 10 persen. PT Datascrip sendiri tahun ini menargetkan penjualan kamera compact mencapai 100.000 unit. Hingga akhir Juni lalu, Angel mengaku penjualannya masih on track.

"Hingga Juni (akhir kuartal II 2017) lalu, masih on track kita penjualan 50.000 unit," tutur Angel.

Meski penjualannya turun, brand Canon diklaim tetap menguasai pangsa pasar di segmen kamera compact di Indonesia, yakni mencapai 50 persen.

Canon sendiri memiliki tiga senjata untuk segmen berbeda, yakni Ixus series untuk pemula, SX series untuk ultrazoom, dan G series dengan fitur unggulan ukuran sensor yang lebih besar.

Powershot SX730 HSKOMPAS.com/Reska Nistanto Powershot SX730 HS
Berbeda dengan kategori kamera compact, kamera mirrorless Canon justru kian menjadi primadona. Penjualan kamera Canon jenis ini diklaim PT Datascrip meningkat dibandingkan tahun lalu. Peningkatannya signifikan, yakni 30 persen.

"Konsumen cenderung membeli kamera yang lebih ringan (dari DSLR) yang lensanya bisa digonta-ganti, seperti DSLR," kata Angel.

Di lini mirrorless sendiri Canon memiliki seri EOS M. Adapun seri yang paling diminati adalah mirrorless EOS M10. Datascrip menargetkan penjualan kamera mirrorless sebesar 60.000 unit. Hingga akhir kuartal II 2017 lalu PT Datascrip mengklaim telah menjual 30.000 unit.

Untuk bersaing dengan pasar kamera smartphone, Canon sendiri berupaya dengan menambah fitur Wi-Fi, sehingga pengguna bisa mentransfer hasil foto ke smartphone, dan membaginya di akun media sosial.

Canon juga menyasar segmen anak muda dengan memenuhi kebutuhan mereka akan gaya hidup digital, seperti tren vlogging. Untuk yang satu ini, dibuat kamera "ramah vlog" dengan fitur layar LCD yang bisa dilipat ke atas 180 derajat, seperti Powershot SX730 HS yang baru-baru ini dirilis.

Baca: Resmi di Indonesia, Canon Powershot SX730 HS Cocok untuk Vlogger

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com