Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Sukarela Bayar Samsung Rp 46 Triliun?

Kompas.com - 21/08/2017, 18:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber nasdaq

KOMPAS.com - Google memperbarui kontrak lisensinya dengan Samsung. Raksasa Mountain View itu ingin memastikan semua smartphone keluaran Samsung mematrikan mesin pencari Google sebagai layanan bawaan alias preinstall.

Untuk ini, Samsung berhak menerima sejumlah duit. Nominalnya tergantung dari pendapatan iklan Google dari layanan preinstall di jejeran perangkat Galaxy.

Menurut prediksi, Samsung bisa meraup 3,5 miliar dollar AS atau Rp 46,6 triliun dari Google. Selain Samsung, Apple juga menerima kontrak lisensi serupa.

Google dikatakan berani membayar 3 miliar dollar AS atau Rp 40 triliun ke Apple agar mesin pencarinya terpatri otomatis di lini iPhone dan iPad. Nominal itu meningkat dari yang sebelumnya cuma 1 miliar dollar AS atau Rp 13 triliun pada 2014 lalu.

Perlu dicatat, nominal yang dibayarkan itu baru berupa estimasi karena transaksinya bertahap selama setahun. Nilai kontrak yang tinggi bergantung pada banyaknya unit smarpthone yang dijual Samsung maupun Apple selama 12 bulan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (21/8/2017) dari Nasdaq.

Hingga kini kesepakatan lisensi antara Google dengan Samsung dan Google dengan Apple masih terus berlangsung. Selain dua brand tersebut, ada banyak brand lain yang mematrikan mesin pencari Google sebagai layanan preinstall.

Tepatnya, bisa dibilang semua smartphone Android memasang mesin pencari Google secara otomatis. Meski demikian, kontrak antara Google dengan Samsung dan Apple dianggap paling penting.

Dua brand tersebut adalah yang paling signifikan menyumbang pendapatan iklan mobile ke pundi-pundi Google. Bagaimana tidak, keduanya merupakan penguasa market-share ponsel saat ini.

Diskusi antara Google dan Samsung dimediasi David Eun. Ia adalah President of Samsung Next, yakni startup milik Samsung di Silicon Valley. Sebelumnya David Eun adalah Vice President of Content Partnership di Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com