Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vendor China Siapkan Ponsel yang Benar-benar Tanpa Bingkai

Kompas.com - 09/09/2017, 10:43 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Meski mengusung embel-embel bezel-less, smartphone dengan layar tanpa bingkai (bezel) yang beredar sejauh ini sebenarnya masih memiliki bingkai. Oleh karena itu, bagian depan perangkat tak seluruhnya tertutup oleh layar.

Seri Galaxy S8 dari Samsung misalnya, punya bingkai tipis di sisi atas dan bawah layar. Begitu pula dengan layar Xiaomi Mi Mix yang masih harus mengakomodir bezel di bagian bawah.

Nah, smartphone baru yang sedang disiapkan oleh Meizu kabarnya bakal berbeda. Perangkat bernama Mblu Zero ini disinyalir akan sungguh-sungguh bezel-less, dalam artian sisi depan tertutup layar sepenuhnya.

Dugaan tersebut muncul setelah gambar bocoran teaser perangkat yang bersangkutan muncul dan beredar di jejaring sosial Weibo di China.

Baca: Ditemukan Bukti iPhone 8 Nyaris Tanpa Bingkai Layar

Bocoran teaser Meizu Mblu Zero yang diduga akan menjadi ponsel bezel less sejati.Weibo Bocoran teaser Meizu Mblu Zero yang diduga akan menjadi ponsel bezel less sejati.
Di gambar itu tertera tagline New Display World yang agaknya mengacu pada teknologi layar baru dari Meizu. Informasi lebih detail mengenai Mblu Zero masih belum banyak beredar.

Informasi soal spesifikasinya pun masih belum diketahui. Hanya ada prediksi bahwa jeroan Mblu Zero akan mencakup prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM berkapasitas 6 GB atau 8 GB.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (9/9/2017), Mblu Zero diperkirakan akan menjadi smartphone kelas atas di China dengan kisaran harga mencapai 4.000 Yuan atau sekitar Rp 8,2 juta.

Meizu sendiri belakangan sedang giat bereksperimen. Smartphone Pro 7 dan X2 yang dirilis tahun ini, misalnya, dibekali dengan layar kedua di bagian punggung.

Kalau bocoran tentang Mblu Zero memang benar adanya, pabrikan itu pun sedang coba-coba menggarap ponsel bezel-less yang sungguh-sungguh tanpa bingkai.

Baca: Meizu Pro 7 Punya Layar Kedua di Punggung, Fungsinya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com