Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Tablet Turun, iPad Tetap Tumbuh

Kompas.com - 09/11/2017, 09:01 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber GSM Arena,IDC

KOMPAS.com - Tahun 2017 bisa dikatakan sebagai mimpi buruk dalam industri tablet. Pasalnya, jumlah pengiriman tablet di kuartal III tahun 2017 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Namun Apple berhasil bertahan dengan iPad-nya.

Dari data yang disampaikan oleh Perusahaan analis IDC, jumlah pengiriman tablet global hanya mencapai 40 juta unit. Sedangkan kuartal yang sama tahun lalu, pengiriman tablet mencapai 42,3 juta unit. Jika dihitung, persentase penurunan ada di angka 5,4 persen.

Meski demikian, jumlah pengiriman tablet Apple tetap tumbuh. Apple dengan produk iPad-nya berhasil mengirimkan 10,3 juta unit tablet dari pabriknya di periode tersebut. Sedangkan pada kuartal yang sama di tahun sebelumnya, Apple hanya berhasil mengirimkan 9,3 juta unit.

Penurunan pengiriman tablet di pasar global sebetulnya sudah terjadi selama tiga tahun belakangan. Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (9/11/2017), penurunan ini  disebabkan oleh bertambahnya permintaan masyarakat terhadap smartphone dan laptop all-in-one ketimbang tablet.

Baca juga : Tiga Tahun Loyo, Penjualan iPad Kembali Menanjak

Selain itu, perangkat tablet belakangan juga memiliki kualitas lebih baik, sehingga siklus pergantiannya menjadi lebih lama.

"Saat ini pemilik merek cenderung merekomendasikan laptop yang bisa dikonversi ke bentuk lain dibandikan perangkat lepasan seperti tablet," ujar Jitesh Ubrani, analis senior IDC, seperti dikutip KompasTekno dari siaran pers IDC.

Dari data yang didapat, penurunan memang terjadi pada hampir semua vendor elektronik yang menyediakan perangkat tablet. Namun Apple, Amazon, Huawei, dan Lenovo berhasil tumbuh di tengah sepinya pasar tablet dunia.

Amazon mencatat pengiriman tabletnya kuartal ini sebanyak 4,4 juta unit. Di tahun sebelumnya, Amazon hanya mengirimkan tablet sebanyak 3,1 juta unit.

Huawei dan Lenovo berhasil mengirimkan 3 juta produknya di kuartal III 2017. Pada kuartal yang sama tahun 2016, masing masing dari mereka hanya mampu mengirimkan 2,5 juta dan 2,7 unit tablet.

Sedangkan Samsung mengalami sedikit penurunan. Tahun lalu, samsung mengirimkan sedikitnya 6,5 juta unit tablet. Namun kuartal III 2017 ini, Samsung harus berpuas diri hanya dengan mengirimkan 6 juta unit tablet ke pasar.

Merek-merek selain yang telah disebutkan di atas mengalami penurunan pengiriman yang signifikan. Tahun 2016, mereka berhasil mengirimkan total 18,1 juta unit tablet. Namun di kuartal ini, pengiriman total merek lain hanya berkisar 13,3 juta unit saja.

Meski terjadi penurunan dan kenaikan, pangsa pasar dari masing masing merek tidak berubah. Apple masih menempati posisi pertama dengan market share sebanyak 28,8 persen diikuti oleh Samsung dengan market share sebesar 15 persen.

Posisi ketiga dan keempat diduduki oleh Amazon, Huawei, dan Lenovo dengan market share masing-masing sebesar 10,9; 7,5; dan 7,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com