Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jony Ive Kembali Rancang Produk Apple

Kompas.com - 11/12/2017, 11:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Jonathan “Jony” Ive kembali terlibat langsung dalam penggodokan desain produk-produk Apple. Ia “pulang” ke akarnya di divisi manajerial, setelah dua tahun naik jabatan ke jejeran eksekutif.

Lebih jelasnya, Jony Ive menempati posisi semula sebagai Vice President of Industrial Design (ID) dan User Interface (UI). Posisi itu sempat diisi Richard Howard dan Alan Dye ketika Jony Ive dipromosikan sebagai Chief Design Officer (CDO) Apple.

Pada masa-masa menjadi CDO, peran Jony Ive sebatas mengawasi tanpa terlibat dalam proses desain. Selain itu, ia juga diminta mengawal pengembangan kantor pusat Apple yang mirip pesawat luar angkasa.

Saat ini kantor pusat Apple yang kerap disebut “Apple Park” itu sudah rampung pengerjaannya. Itu juga yang menjadi alasan Jony Ive dikembalikan ke asalnya.

Baca juga : Kisah Jony Ive yang Takut Dipecat Apple

“Dengan selesainya Apple Park, tim dan pimpinan di divisi desain Apple kembali melapor ke Jony Ive,” kata juru bicara Apple, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (11/12/2017), dari 9to5mac.

Jony Ive merupakan salah satu tokoh legendaris Apple. Bagaimana tidak, seleranya yang elegan tertuang dalam desain-desain premium ala Apple.

Sejumlah produk yang ia desain mencakup lini iPhone, iPad, dan Apple Watch. Prinsip Jony Ive adalah desain yang simpel dan fungsional.

Sebelum menjadi “orang tinggi” di Apple, Jony Ive sempat menjabat Head of Software Design pada 2012. Ia kala itu menggantikan Scott Forstalll yang dipecat Tim Cook karena satu dan lain hal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com