Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Meluncur, Ini Bocoran Galaxy S9 yang Harus Diketahui

Kompas.com - 25/02/2018, 11:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Samsung akan memperkenalkan flagship teranyarnya dalam acara bertajuk "Galaxy Unpacked" di Hall 1 Fira Montjuic, Barcelona, Spanyol.

Acara bakal dimulai pada Minggu (25/2/2018) sore, pukul 18.00 waktu setempat, atau Senin (26/2/2016) dinihari, pukul 00.00 WIB di Indonesia.


Seakan menjadi rahasia umum, flagship yang dimaksud tak lain adalah duo Galaxy S9 dan S9 Plus. Hal ini merujuk pada rekam jejak di mana Galaxy S selalu dirilis sekitar bulan Februari atau Maret.

Baca juga: Bocoran Harga Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus, Tembus Rp 15 Juta?

Bocoran Harga Galaxy S9 dan S9 Plus, Tembus Rp 15 Juta?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bocoran Harga Galaxy S9 dan S9 Plus, Tembus Rp 15 Juta?", http://tekno.kompas.com/read/2018/02/20/13521947/bocoran-harga-galaxy-s9-dan-s9-plus-tembus-rp-15-juta.
Penulis : Rizky Chandra Septania
Editor : Reska K. Nistanto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bocoran Harga Galaxy S9 dan S9 Plus, Tembus Rp 15 Juta?", http://tekno.kompas.com/read/2018/02/20/13521947/bocoran-harga-galaxy-s9-dan-s9-plus-tembus-rp-15-juta. Penulis : Rizky Chandra Septania Editor : Reska K. Nistanto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bocoran Harga Galaxy S9 dan S9 Plus, Tembus Rp 15 Juta?", http://tekno.kompas.com/read/2018/02/20/13521947/bocoran-harga-galaxy-s9-dan-s9-plus-tembus-rp-15-juta.
Penulis : Rizky Chandra Septania
Editor : Reska K. Nistanto


Samsung pun belakangan rajin menyebar teaser dengan embel-embel angka "9". Penampakan, spesifikasi, dan fitur Galaxy S9 dan S9 Plus juga sudah berseliweran di internet sejak akhir tahun lalu. Berikut beberapa bocoran yang dirangkum KompasTekno.
 
1. Dapur pacu baru

Sebagai smartphone premium, Galaxy S9 dan S9 Plus tentu harus memiliki performa yang garang. Keduanya disebut-sebut bakal mengandalkan prosesor kelas atas Exynos 9810 atau Snapdragon 845, tergantung wilayah penjualan. Kapasitas RAM untuk varian Galaxy S9 standar sebesar 4GB, sementara varian Galaxy S9 Plus 6GB.

2. Super slow-motion

Masih memakai kamera 12 megapiksel, Galaxy S9 dan S9 Plus dikatakan memperkaya fiturnya dengan perekaman super slow-motion. Kualitasnya diklaim sebanding dengan yang terdapat pada kamera profesional, memiliki frame rate 480 FPS pada resolusi 1080p.

3. Animoji

Samsung disinyalir menyematkan fitur emoji yang bisa disesuaikan dengan wajah pengguna atau dijuluki "Animoji". Pengguna diharapkan bisa lebih bebas berekspresi ketika berkomunikasi secara virtual via aplikasi chatting.

4. Lensa kamera "variable aperture"

Masih dari fitur kamera, Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus disinyalir mampu memaksimalkan hasil bidikan di tempat remang-remang. Hal ini berkat lensa dengan "variable aperture" alias bukaan yang bisa disetel ke angka f/1.5 untuk low light dan f/2.4 untuk kondisi cahaya terang.
 
5. Letak pemindai sidik jari

Salah satu perubahan yang bisa langsung terlihat dari Galaxy S9 dan S9 Plus adalah desain di sisi punggungnya. Menurut bocoran foto di internet, keduanya memindahkan sensor pemindai sidik dari sisi samping ke bawah kamera. Hal ini akan memudahkan pengguna mengaksesnya.

6. Media sosial Samsung

Media sosial tak lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat modern. Samsung paham hal ini, sehingga diperkirakan bakal membekali duo Galaxy S9 dan S9 Plus dengan media sosial sendiri bertajuk "Uhssup". Keunggulannya terletak pada fitur saling berbagi lokasi secara real-time dan bertukar pesan layaknya via WhatsApp atau Facebook Messenger.

7. Beda kamera

Selama ini, perbedaan varian standar Galaxy S dengan varian "Plus" atau "Edge" biasanya sekadar ukuran atau jenis layar dan kapasitas RAM.

Untuk duo Galaxy S9 sepertinya ada perbedaan signifikan, yakni kamera utama varian standar yang hanya berjumlah satu, sementara varian Plus sudah memilki kamera ganda.

Apakah bocoran-bocoran ini benar? Kita tunggu saja hingga acara peluncuran dimulai dalam kurun waktu beberapa jam dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com