Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OnePlus 7 Bisa Jadi Ponsel 5G Pertama di Dunia

Kompas.com - 03/07/2018, 13:33 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Disepakatinya standar seluler dan spesifikasi mandiri untuk jaringan generasi kelima (5G) membuat para vendor smartphone tancap gas. Vendor ponsel asal China, OnePlus dikabarkan akan segera merilis ponsel 5G pertamanya.

Menurut CEO OnePlus, Pete Lau, perusahaan telah menyepakati kerja sama dengan operator seluler di Amerika Serikat untuk merilis ponsel 5G ini. Bahkan Pete mengatakan bahwa perangkat ini akan membuat OnePlus menjadi vendor pertama yang memiliki ponsel 5G di dunia.

Meski perusahaan tak mengungkapkan rincian perangkat 5G yang akan dirilis, besar kemungkinan perangkat tersebut adalah OnePlus 7 yang akan diperkenalkan tahun depan.

Perlu diketahui biasanya OnePlus memerkenalkan dua perangkat anyar setiap tahunnya.

Biasanya OnePlus merilis ponsel anyar versi reguler sekitar awal tahun. Kemudian enam bulan berikutnya atau sekitar pertengahan tahun perusahaan merilis satu ponsel lagi dengan embel-embel T di bagian belakang semisal OnePlus 6T.

OnePlus sendiri memang berada dalam kondisi yang lebih menguntungkan ketimbang vendor lain. OnePlus memiliki kedekatan relasi bisnis dengan produsen chipset Qualcomm.

Sehingga tak menutup kemungkinan OnePlus bakal jadi vendor pertama yang mendapat pasokan chipset 5G dari Qualcomm, seperti dikutip KompasTekno dari The Inquirer, Selasa (3/7/2018)

Di Amerika Sendiri para penyelenggara jaringan telekomunikasi seluler telah menyatakan kesiapan dalam menggelar jaringan 5G. Sayangnya infrastruktur jaringan super cepat ini baru akan siap digunakan jika ponsel dengan kemampuan 5G bisa mulai masuk ke pasar AS tahun depan.

OnePlus bukan satu-satunya vendor yang berambisi untuk menjadi yang pertama merilis ponsel 5G. Huawei juga memiliki tekad serupa. Vendor asal China ini mengumumkan akan merilis ponsel 5G pertama pada 2019 mendatang. Baca juga: Smartphone 5G Huawei Dijadwalkan Hadir Tahun Depan

Aturan standar jaringan 5G sendiri sudah ditandatangani oleh konsorsium internasional. Dengan standarisasi ini jaringan 5G bisa digelar di tempat-tempat yang telah memiliki infrastruktur yang memadai.

Keseluruhan proses standarisasi jaringan 5G ini memakan waktu selama kurang lebih 3 tahun sejak 2015 lalu. Aturan ini sangat krusial untuk menggelar jaringan 5G yang merata secara global.

Layanan komersil jaringan 5G pun ditargetkan akan dimulai biss dinikmati tahun depan. Namun ini bergantung kesiapan operator dalam menyediakan infrastruktur.

Baca juga: 19 Vendor yang Bikin Ponsel 5G Tahun Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com