Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Reels, Kesan Pertama dan Tampilannya di HP Android

Kompas.com - 23/02/2022, 13:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bila Instagram punya fitur video pendek Reels, Facebook juga tak mau kalah memilikinya.

Mulai hari ini, Rabu (23/2/2022), pengguna Facebook secara global di 150 negara, sudah bisa menikmati fitur baru Reels di aplikasi Facebook yang ada di ponsel Android maupun iOS.

Pantauan KompasTekno pada Rabu pagi, Facebook Reels ini sudah tersedia pada aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110 untuk ponsel Android di Indonesia.

Kendati demikian, fitur baru Facebook Reels agaknya digelontorkan secara bertahap. Mengingat, belum semua pengguna yang menjalankan aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110 di ponsel Android kebagian fitur ini.

Lantas bagaimana tampilan dari fitur baru Facebook Reels ini?

Seperti di Instagram, Facebook Reels sedianya menjadi tempat Facebookers (sebutan pengguna Facebook) untuk membuat dan menonton video pendek yang durasinya tak lebih dari 60 detik alias 1 menit.

Di Facebook, Reels dapat ditemui di halaman utama atau beranda aplikasi Facebook. Facebook Reels diwakilkan dengan logo yang sama persis seperti Instagram Reels, yaitu kombinasi antara gambar play button dan clapperboard namun dengan tone warna pink.

Menu "Reel" sendiri bisa diakses melalui dua tempat. Pertama, melalui tab baru "Reels" yang berada di antara tab "Stories" dan "Rooms" yang ada di beranda aplikasi Facebook.

Ketika tab "Reels" diklik, Facebookers akan melihat opsi "Create reel" (membuat reel), lima buah preview video Reels dari pengguna lain, serta opsi "panah ke samping" untuk melihat video reels dari pengguna Facebook lainnya.

Baca juga: Tips Instagram Reels Agar Lebih Menarik dan Ditonton Banyak Orang

Fitur baru Facebook Reels sudah tersedia di aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110 untuk ponsel Android di Indonesia. Facebook Reels bisa diakses melalui beranda.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur baru Facebook Reels sudah tersedia di aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110 untuk ponsel Android di Indonesia. Facebook Reels bisa diakses melalui beranda.
Saat mengeklik opsi panah ke samping tersebut, pengguna akan dibawa ke timeline Facebook Reels, tempat dimana seluruh Reels bikinan pengguna Facebook di tampilkan.

Sama seperti di Instagram, timeline Facebook Reels juga menggunakan metode gulir ke atas untuk berpindah dari satu video ke video lainnya.

Pengguna juga bisa memberikan tanda suka dengan ikon jempol, menulis komentar, menyimpan, dan membagikan setiap video Facebook Reels.

Baca juga: Facebook Reels Sudah Tersedia di Indonesia Mulai Hari Ini

Cara bikin dan upload Facebook Reels

Nah, bila ingin membuat Facebook Reels, pengguna tinggal mengeklik menu "Create reel" di tab Reels atau mengeklik menu "Reel" di bawah foto profil penguna di beranda, atau juga bisa mengeklik ikon "kamera" di timeline Facebook Reels.

Ketiga cara tersebut bakal mengarahkan pengguna ke jendela baru untuk membuat video Reels.

Tampilan menu create reels untuk membuat video Reels di Facebook, mirip seperti antarmuka ketika membuat Instagram Reels.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan menu create reels untuk membuat video Reels di Facebook, mirip seperti antarmuka ketika membuat Instagram Reels.
Secara umum, antarmuka saat membuat Reels di Facebook sangat mirip dengan di Instagram. Di jendela tersebut, pengguna akan melihat berbagai opsi perekaman yang disusun secara vertikal di sisi kanan layar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com