Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Jepret Foto Portrait pada Siang Hari

Kompas.com - 18/07/2022, 15:30 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai smartphone kekinian dibekali dengan fitur kamera yang bisa memburamkan latar belakang dari subyek yang tengah dibidik.

Biasanya, fitur yang bisa memberikan efek buram alias bokeh ini mengandalkan sebuah mode di software kamera ponsel bernama “Portrait”.

Dengan menggunakan mode Portrait, detail subyek utama yang dibidik pengguna akan tampil lebih tajam dan menonjol dibanding obyek lainnya.

Pada kesempatan ini, KompasTekno menggunakan salah satu smartphone terbaru dari Oppo di Indonesia, yaitu Reno7 4G turut dibekali dengan fitur Portrait.

Ponsel berbanderol Rp 5 juta (8 GB/256GB) tersebut dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera mikroskop 2 MP (f/3.3), dan kamera mono 2 MP (f/2.4).

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 7 4G di Indonesia

Untuk menggunakan mode Portrait, pengguna Oppo Reno7 4G bisa masuk ke aplikasi kamera dan memilih menu "Portrait" dalam mode kamera yang berada di bagian bawah layar.

Kali ini, KompasTekno akan membahas aneka tips yang bisa diikuti untuk menghasilkan foto Portrait yang cukup baik di kondisi siang hari menggunakan Oppo Reno7 4G. Apa saja? Simak informasinya dalam daftar berikut.

1. Perhatikan jarak subyek dengan kamera

Hasil foto portrait Oppo Reno7 4G di kondisi siang hari. Pastikan subyek utama berjarak sekitar 1-2 meter dari modul kamera untuk menghasilkan foto portrait yang bagus.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Hasil foto portrait Oppo Reno7 4G di kondisi siang hari. Pastikan subyek utama berjarak sekitar 1-2 meter dari modul kamera untuk menghasilkan foto portrait yang bagus.

Untuk menghasilkan foto portrait yang rapi, pengguna harus memastikan terlebih dahulu jarak antara kamera dan subyek yang dibidik.

Adapun jarak yang biasanya menjadi patokan supaya mode Portrait bisa berfungsi berkisar antara 1-2 meter.

Jika mode Portrait siap dan mendeteksi wajah manusia atau subyek utama, maka latar belakang subyek tersebut akan terlihat diburamkan dan siap untuk dijepret.

Selain jarak antara kamera dengan subyek, pastikan pula jarak antara subyek utama dengan obyek yang ada di sekitarnya, atau obyek yang ada di latar belakang, tidak terlalu dekat dengan subyek utama.

Pasalnya apabila terlalu dekat, maka hasil foto portrait kemungkinan tidak akan rapi atau terlihat bagus.

2. Perhatikan intensitas cahaya sekitar

Hasil foto portrait Oppo Reno7 4G di kondisi siang hari. Pastikan subyek utama tak membelakangi sinar matahari agar tidak timbul efek backlight.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Hasil foto portrait Oppo Reno7 4G di kondisi siang hari. Pastikan subyek utama tak membelakangi sinar matahari agar tidak timbul efek backlight.

Meski memotret di siang hari tergolong aman, pastikan cahaya yang menyinari subyek utama tidak terlalu berlebihan. Jika terlalu berlebihan, cahaya tersebut dikhawatirkan akan merusak detail atau warna subyek yang sedang dipotret.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com