Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2023, 16:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23 Ultra menjadi ponsel paling mumpuni yang dipasarkan Samsung untuk saat ini. Ponsel ini mengunggulkan sektor kamera dengan berbagai fitur yang menunjang pengguna ketika mengabadikan momen, termasuk ketika menonton konser.

Salah satunya adalah fitur kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra. Kamera ini spesial karena ini pertama kalinya Samsung menyematkan kamera 200 MP pada ponsel bikinannya. Dengan kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra, pengguna bisa memotret penyanyi idola dan suasana panggung dengan bagus.

Sebenarnya, dengan mode normal, kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra sudah menghasilkan gambar yang terang, detail, dan tajam.

Namun, Galaxy S23 Ultra juga memiliki mode pemotretan 50 MP dan resolusi penuh 200 MP (hanya di aspect ratio 3:4).

Baca juga: Dijual Rp 26 Juta, Galaxy S23 Ultra 1TB Justru Paling Banyak Dipesan di Indonesia

Dengan dua mode tersebut, kami mendapatkan foto-foto konser dengan hasil yang lebih tajam dengan resolusi yang lebih tinggi. Hal ini membuat kami lebih leluasa ketika ingin memotong (crop) gambar, karena kualitas gambar akan tetap tajam.

Samsung Galaxy S23 Ultra varian warna Lavender.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy S23 Ultra varian warna Lavender.
Bila pengguna memiliki posisi duduk yang jauh dari panggung, dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra bisa diandalkan untuk menangkap foto-foto penyanyi idola dengan lebih dekat.

Galaxy S23 Ultra dibekali dengan dua kamera telefoto, yaitu kamera telefoto 10 MP dengan zoom optis 3x dan kamera telefoto dengan zoom optis 10x.

KompasTekno sudah mencoba kebolehan dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra ketika datang ke konser Raisa bertajuk "Raisa Live in Concert" pada Sabtu (25/2/2023).

Kami kebetulan menonton dari tribun GBK dengan jarak pandang yang jauh dari panggung utama. Namun, berkat kedua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra, kami dapat memotret panggung dan penampilan Raisa tanpa masalah.

Penampakan panggung konser tunggal Raisa bertajuk Raisa Live in Concert yang digelar Sabtu, 25 Februari 2023, di GBK, Senayan, Jakarta. Foto diambil dari tribun silver right menggunakan kamera telefoto 10 MP (zoom optis 3x) Samsung Galaxy S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Penampakan panggung konser tunggal Raisa bertajuk Raisa Live in Concert yang digelar Sabtu, 25 Februari 2023, di GBK, Senayan, Jakarta. Foto diambil dari tribun silver right menggunakan kamera telefoto 10 MP (zoom optis 3x) Samsung Galaxy S23 Ultra.
Untuk kamera telefoto dengan zoom optis 3x, kami bisa memotret penampakan panggung yang megah dan dihiasi lampu LED warna-warna sebagai latar belakang konser, seperti gambar di atas. Hasilnya, foto menampilkan warna yang seperti aslinya, tanpa ada cahaya efek berlebih.

Sementara kamera telefoto dengan zoom optis 10x, kami gunakan untuk memotret lebih dekat dengan sosok Raisa ketika bernyanyi di atas panggung.

Baca juga: Serunya Konser HITC Jakarta dalam Bidikan Kamera Samsung Galaxy Z Flip 4

Hasilnya, foto dapat menangkap obyek dengan apik, tajam, dan terang. Seperti gambar di bawah, kami bisa mendapatkan potret Raisa yang sedang bernyanyi, sebagian panggung dengan layar LED, dan suasana penonton di sekitar panggung.

Jadi, kami sarankan, pengguna menggunakan opsi zoom 3x dan 10x untuk membidik penyanyi idola kalian saat konser. Sebab, opsi tersebut menggunakan dua kamera telefoto tadi.

Raisa Live in Concert digelar pada Sabtu (25/2/2023) di GBK, Senayan, Jakarta.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Raisa Live in Concert digelar pada Sabtu (25/2/2023) di GBK, Senayan, Jakarta.
Sebenarnya, Galaxy S23 Ultra dibekali fitur zoom hingga 100x. Pengguna bisa memanfaatkan fitur zoom ini juga saat mengabadikan momen saat konser.

Namun, perlu diingat, fitur zoom (selain 3x dan 10x) menggunakan perbesaran digital kamera utama. Sehingga, hasil foto berpotensi blur, banyak noise, dan tidak sebagus memotret dengan zoom 3x dan 10x (kamera telefoto).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com