Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OnePlus Nord CE 3 Lite Meluncur dengan Chipset Lama tapi Kamera Baru

Kompas.com - 05/04/2023, 09:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - OnePlus merilis ponsel terbarunya, OnePlus Nord CE 3 Lite di pasar Eropa dan India, Selasa (4/4/2023). Smartphone ini menjadi suksesor dari Nord CE 2 Lite yang pertama kali diluncurkan 2022 lalu.

Sebagai penerus, tentunya Nord CE 3 Lite mendatangkan sejumlah peningkatan ketimbang pendahulunya. Adapun perubahan yang paling menonjol terletak pada dua sektor, yakni kamera dan daya.

Di sektor fotografi, OnePlus Nord CE 3 Lite memiliki spesifikasi yang mirip dengan Nord CE 2 Lite karena dibekali kamera depan (selfie) 16 MP, lensa depth 2 MP, dan lensa makro 2 MP.

Hanya saja, kamera utama Nord CE 3 Lite punya resolusi lebih besar yaitu 108 MP. Meningkat signifikan dibanding pendahulunya dengan resolusi 64 MP.

Baca juga: OnePlus Pastikan Jualan Ponsel Lagi di Indonesia

Kamera utama ini pun juga dibekali teknologi lossless zoom 3x dan digital zoom hingga 6x. Seperti namanya, lossless zoom memungkinkan kamera dapat memperbesar gambar dengan mempertahankan kualitas yang baik.

OnePlus Nord CE 3 Lite juga makin mumpuni di bagian daya. Meski kapasitas baterainya sama seperti pendahulunya yaitu 5.000 mAh, OnePlus Nord CE 3 Lite didukung teknologi pengisian cepat (fast charging) SuperVOOC berdaya 67 Watt.

Baterai smartphone OnePlus teranyar diklaim dapat terisi dari 0 hingga 80 persen dalam 30 menit pengisian.

Teknologi SuperVOOC "Endurance Edition" ini pun diklaim dapat mencegah pengisian daya berlebih, memperlambat penuaan baterai, serta mampu bertahan selama empat tahun untuk pengisian harian.

Spesifikasi OnePlus Nord CE 3 Lite

ilustrasi OnePlus Nord CE 3 LiteGSMArena ilustrasi OnePlus Nord CE 3 Lite

Berpindah ke layarnya, OnePlus Nord CE 3 Lite mengusung layar dengan panel LCD berdiagonal 6,72 inci.

Layar ini memiliki resolusi Full HD Plus, rasio aspek 20:9, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 240 Hz. Selain itu, layar ini punya tingkat kecerahan (brightness) maksimum 680 nits dan dilindungi oleh kaca Gorilla Glass.

OnePlus Nord CE 3 Lite diotaki chipset Snapdragon 695 seperti model sebelumnya. Chipset berfabrikasi 6 nm ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan pilihan kapasitas penyimpanan 128 GB /256 GB.

Baca juga: OnePlus 11 Jupiter Rock Meluncur, Edisi Khusus dengan Desain Lebih Unik

Kapasitas RM OnePlus Nord CE 3 Lite ini bisa diperluas melalui virtual RAM hingga 8 GB. Pengguna juga dapat memperluas penyimpanan hingga 1 TB dengan memanfaatkan slot microSD.

Sedangkan untuk software, perangkat Nord CE 3 Lite menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) OxygenOS 13.1.

Fitur pendukung lainnya untuk ponsel berbobot 195 gram ini mencakup speaker stereo ganda, pemindai sidik jari (fingerprint scanner) yang merangkap sebagai tombol power, 5G, WiFi, Bluetooth 5.3, port USB-C, headphone jack 3,5 mm, serta jaminan dua tahun untuk pembaruan OS dan tiga tahun untuk pembaruan keamanan.

Harga OnePlus Nord CE 3 Lite

OnePlus Nord CE 3 Lite tersedia di pasar Eropa dan India dengan dua varian warna, Pastel Lime serta Chromatic Gray.

Di Eropa, ponsel ini dapat dibeli mulai 25 April mendatang dengan harga 330 Euro (sekitar Rp 5,4 juta) untuk konfigurasi 8 GB/128 GB.

Sementara itu, penjualan perdana Nord CE 3 Lite di India dimulai pada 11 April dalam dua pilihan.

Harganya adalah 20.000 Rupee (sekitar Rp 3,6 juta) untuk konfigurasi 8 GB/128 GB. Kemudian untuk model RAM dan storage 8 GB/256 GB dijual dengan harga 22.000 Rupee (sekitar Rp 4 juta), sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Rabu (5/4/2023).

Belum diketahui apakah OnePlus Nord CE 3 Lite akan dipasarkan di negara lainnya, termasuk Indonesia. OnePlus sendiri sudah memastikan akan kembali menjual smartphone di Tanah Air.

Baca juga: OnePlus Pad, Tablet Pertama OnePlus Resmi Meluncur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com