Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Domain .NET dan .COM pada Website

Kompas.com - 14/06/2023, 03:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Istilah domain tentu tak asing bagi pengguna internet. Saat menuju situs tertentu, Anda pasti akan mengetikkan alamat domain. Alamat domain sendiri terdiri dari beberapa jenis. Salah satunya adalah Top-Level Domain (TLD).

TLD merupakan ekstensi domain yang berada di akhir dalam susunan alamat domain website. Jenis domain ini berfungsi sebagai identitas website, seperti ".com" dan ".net". Misalnya, Anda menuliskan (kompas.com).

Selain domain .com yang menjadi nama domain yang cukup populer, Anda juga pasti tidak asing dengan istilah domain .net. Domain ini juga sering digunakan oleh pengguna untuk menamai blog atau website pribadi maupun komersial. 

Nama domain juga menjadi pertimbangan utama pengguna dalam membuat website. Maka dari itu, sebelum membuat situs atau website tertentu, Anda harus mengetahui pengertian nama domain .com dan .net serta perbedaannya. Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Apa Itu Domain? Mengenal Fungsi serta Jenisnya

Domain .com

Dilansir dari Namecheap, domain .com merupakan kependekan dari "commercial" yang berarti domain ini awalnya dirancang untuk digunakan oleh organisasi komersial. Namun, karena sifat domain yang tidak dibatasi, sehingga .com saat ini digunakan oleh individu dan entitas non-komersial.

.com termasuk domain terkenal dan populer yang sering digunakan oleh pengguna. Maka dari itu, ketersediaan domain menggunakan .com juga cukup sulit dan terbatas karena banyak yang sudah menggunakannya.

Selain itu, .com mencerminkan situs web yang berorientasi bisnis dan umumnya memberikan kesan kepercayaan dan kredibel lebih tinggi pada pelanggan.

Domain .net

.net merupakan ekstensi domain populer kedua. Domain .net sering menjadi alternatif yang direkomendasikan untuk pemilik website selain .com. Ekstensi nama domain .net merupakan singkatan dari "network".

Maka dari itu, tak jarang pengguna yang menggunakan nama domain .net untuk situs yang menyediakan layanan, seperti internet, hosting situs web, basis data, dan lainnya. Namun, kini penggunaan .net lebih luas dan tidak hanya terbatas pada perusahaan penyedia layanan teknologi.

Lantas apa perbedaan domain .com dan .net?

Saat melihat perbedaan antara .com dan .net, terdapat perbedaan utama yang terlihat pada tujuan penggunaannya. .com biasanya ditujukan untuk entitas komersial, sedangkan .net untuk perusahaan yang berbasis teknologi.

Kendati demikian, keduanya saat ini memiliki penggunaan yang lebih luas. Namun, perbedaan tujuan penggunaan domain juga dapat memengaruhi persepsi dan kredibilitas sebuah situs web, terutama untuk bisnis. Berikut ini beberapa perbedaan lainnya.

Ketersediaan

TLD .net dan .com memiliki tingkat ketersediaan yang berbeda. Domain .com biasanya lebih sulit didapatkan, terlebih lagi jika Anda ingin mendapatkan nama bisnis yang sesuai dengan keinginan Anda. Hal tersebut dikarenakan kepopuleran .com sehingga permintaan akan nama .com lebih tinggi.

Berbeda dengan domain .net yang biasanya lebih banyak tersedia, sehingga memudahkan Anda dalam menemukan nama sesuai merek atau bisnis Anda.

Harga domain

Dari segi harga, domain .com sedikit lebih terjangkau daripada .net. Meskipun demikian, tak jaran harga ini juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti penamaan khusus.

Popularitas dan kredibilitas

TLD .com karena lebih populer dan banyak digunakan oleh pengguna, biasanya lebih ideal digunakan untuk bisnis dan organisasi. Maka dari itu, .com sering dianggap lebih dapat dipercaya dan kredibel.

Sedangkan .net sebaliknya, pemilik bisnis yang memiliki TLD .net harus lebih berusaha keras dalam upaya pemasaran situsnya serta membangun kredibilitas merek.

Baca juga: Kebakaran di Gedung Cyber Kuningan, Layanan Internet dan Web Hosting Terdampak

Demikianlah pengertian domain .net dan .com serta beberapa perbedaannya. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com