Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netflix Pasang Tarif untuk Berbagi Password, Pelanggan Malah Naik

Kompas.com - 14/06/2023, 12:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Jumlah pelanggan berbayar Netflix kembali pulih usai perusahaan menindak tegas praktik berbagi password.

Tercatat ratusan ribu orang mulai berlangganan Netflix, khususnya setelah layanan streaming video itu mulai memasang biaya tambahan ke pelanggan yang ingin berbagi password dengan orang lain. Kebijakan ini sendiri mulai berlaku di AS per 23 Mei 2023.

Menurut Antenna, perusahaan yang menganalisa data streaming, Netflix mendapati hari yang berharga karena rata-rata jumlah pelanggan berbayarnya bertambah 73.000 per hari. Pada 26-27 Mei, jumlah pendaftarannya bahkan sampai 100.000 per hari.

"Berdasarkan data terbaru yang tersedia, Netflix mendapati hampir 100.000 pendaftaran setiap hari pada 26 Mei hingga 27 Mei," kata Antenna dalam postingan di situs resminya.

Angka itu, menurut Antenna, naik 102 persen dibanding rata-rata 60 hari sebelumnya.

Baca juga: Resmi, Berbagi Password Netflix Kini Ada Biaya Tambahan, Indonesia Masih Aman

Selain itu, angka tersebut juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan puncak pertumbuhan pelanggan Netflix saat awal pembatasan aktivitas selama pandemi (lockdown) pada Maret-April 2020. Pasalnya saat itu pendaftaran pelanggan tak sampai 90.000.

Terlepas dari penambahan jumlah pelanggan itu, bulan lalu Netflix juga mendapati pembatalan langganan dari pelanggan, sejak 23 Mei.

Hanya saja, jumlah pelanggan yang membatalkan langganannya, tak sebanyak pelanggan yang mendaftar pada periode yang sama.

Namun perlu dicatat bahwa data ini hanya data dari pihak ketiga. Adapun Netflix belum mengungkapkan data yang dihimpun pihaknya sendiri, dihimpun KompasTekno dari Cnet.

Biaya tambahan Rp 119.000 per bulan

Netflix resmi menarik biaya tambahan bagi pengguna yang ingin berbagi password pada 23 Mei lalu. Kebijakan ini mulai diterapkan Netflix di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Baca juga: Pelanggan Netflix Protes Kena Biaya Tambahan

Tarif tambahan ini merupakan biaya ekstra di luar langganan bulanan. Apabila pengguna ingin berbagi sandi dengan pengguna lain di luar kediamannya, mereka harus menambah biaya 7,99 dollar AS atau setara Rp 119.000 per bulan.

Dengan membayar biaya ekstra, anggota tambahan (di luar keluarga/rumah tangga) nantinya akan mendapat kata sandi dan profil sendiri. Kendati demikian, anggota tambahan tidak akan bisa membuat profil tambahan.

Perlu dicatat bahwa anggota tambahan harus diaktifkan di negara yang sama dengan pengguna utama. Selain itu, mereka juga hanya bisa menonton dan mengunduh konten di satu perangkat saja.

Dengan cara ini, Netflix berharap bisa mendorong pengguna untuk membuat atau berlangganan akun Netflix sendiri ketimbang menjadi anggota tambahan dengan benefit yang terbatas.

Dipicu penurunan drastis pelanggan berbayar

Ide soal biaya ekstra ini sendiri dipicu oleh turunnya jumlah pelanggan Netflix pada kuartal I-2022. Saat itu, Netflix kehilangan 200.000 pelanggan berbayar di seluruh dunia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com