Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Penipuan via WhatsApp, Begini Cara Mengatasi dan Menghindarinya

Kompas.com - 20/06/2023, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Kejahatan siber masih marak terjadi di berbagai media sosial. Tak terkecuali yang sering terjadi pada aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Beberapa pengguna tak sedikit yang mengeluhkan menerima pesan scam dari nomor tidak dikenal bahkan nomor asing.

Penipuan dapat berupa berbagai modus. Mulai dari menawarkan pekerjaan full time/part time/freelance, hingga mengirim sejumlah link dan aplikasi tertentu. Bagi pengguna yang tidak tahu menahu biasanya akan mengklik link atau menuruti perintah oknum. 

Maka dari itu pengguna diharapkan untuk terus waspada saat menerima pesan scam di WhatsApp. Untuk itu mari mengenali jenis-jenis penipuan di WhatsApp yang perlu Anda ketahui dan cara mengatasinya.

Baca juga: Cara Mengunci Chat WhatsApp di iPhone biar Tak Dibuka Sembarangan

Penipuan menawarkan pekerjaan

Beberapa pengguna WhatsApp mengaku pernah menerima pesan singkat berupa penawaran pekerjaan full time maupun part time. Mereka akan menawarkan peluang pekerjaan yang menjanjikan. Nantinya modus akan meminta bayaran untuk pendaftaran dan pelatihan palsu.

Pembajakan WhatsApp

Penipuan jenis ini marak terjadi yaitu pembajakan WhatsApp yang menggunakan nomor telepon pengguna. Penipu akan mengambil alih akun kemudian menggunakan nomor korban untuk meminta kode verifikasi ke akun korban dan mencuri identitas. 

Link berbahaya

Tak jauh berbeda dengan jenis penipuan sebelumnya, saat ini banyak pengguna yang menerima link dari kontak asing. Link tersebut biasanya mengatasnamakan undangan pernikahan, surat penting lain, dan lainnya. Sehingga saat tautan dibuka, pengguna akan terjebak pada penipuan. 

Aplikasi berbahaya

Tak jauh berbeda dengan tautan. Sebagian penipu juga tak jarang mengirim aplikasi asing yang meminta pengguna untuk membuka aplikasi tersebut. Saat diklik pengguna justru akan diarahkan pada scam hingga berisiko menguras rekening korban.

Baca juga: Link WA Me Settings: Viral di Medsos dan Bikin WhatsApp Keluar Sendiri

Cara mengatasi dan menghindari scam di WhatsApp

Terdapat beberapa cara agar pengguna tidak terjebak scam berbagai jenis.

Langsung menghapus atau memblokir chat

Saat membuka pesan WhatsApp yang mencurigakan dan Anda merasa tidak mengenali kontak tersebut maka sebaiknya lakukan penghapusan chat atau memblokir kontaknya. Selain itu jangan sekali-kali mengklik link atau aplikasi yang terkirim di chat Anda.

Begini caranya menghapus dan memblokir chat WhatsApp

Tekan beberapa lama obrolan chatting WhatsApp kemudian klik ikon hapus yang berada di pojok kanan atas. Jika pengguna ingin memblokir kontak, buka chat lalu klik "blokir".

Aktifkan verifikasi dua langkah

Untuk mengamankan akun Anda agar tidak terjadi peretasan, Anda dapat menggunakan keamanan ganda dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah WhatsApp. Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah, begini caranya:

  • Buka WhatsApp
  • Pilih "Settings" di menu titik tiga pojok kanan atas
  • Klik "Account"
  • Pilih "Two-step verification"
  • Kemudian buatlah PIN yang terdiri dari enam angka dan masukkan alamat e-mail agar dapat mengatur ulang PIN jika nanti Anda lupa ketika hendak login
  • Selanjutnya klik "Lanjut" dan verifikasi dua langkah di WA pun telah aktif

Cek di GetContact

GetContact merupakan aplikasi yang berguna untuk mengidentifikasi kontak yang menghubungi Anda. Apabila kontak dirasa tidak dikenal, Anda dapat mengeceknya melalui aplikasi GetContact. Begini cara cek nomor di GetContact:

  • Unduh aplikasi GetContact di Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Login dan buka aplikasi
  • Ketikkan nomor tak dikenal di bagian bilah pencarian atas
  • Selanjutnya klik "Cari"
  • Setelah itu akan muncul beberapa tag yang memunculkan identitas kontak tersebut

Itulah beberapa cara mengatasi dan menghindari scam via WhatsApp. Ulasan cara menghindari penipuan via WhatsApp juga dapat disimak di artikel "Waspada, Ini 5 Tips Menghindari Penipuan Online di WA yang Marak Terjadi Belakangan". Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com