Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal 3G Telkomsel di 504 Kota Sudah Mati

Kompas.com - 21/06/2023, 08:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan operator seluler Telkomsel menyebut telah melakukan migrasi jaringan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten di Indonesia. Proses migrasi yang dimulai sejak Maret 2022 ini, dilakukan secara bertahap dan rampung pada bulan Juni 2023.

“Sejak tahap awal peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga telah dirampungkannya di bulan ini, Telkomsel senantiasa memprioritaskan kenyamanan pengalaman aktivitas digital seluruh pelanggan selama rangkaian proses berlangsung" kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (21/6/2023).

Telkomsel mengalihkan teknologi jaringan 3G ke lebih dari 49.000 base tranceiver station (BTS) 4G/LTE. Perusahaan pelat merah itu mengeklaim bahwa 96 persen wilayah populasi di Indonesia, kini sudah terlayani jaringan 4G/LTE Telkomsel.

Baca juga: Telkomsel NextDev Summit 2023 Dibuka, Ajang Temu Startup dan Investor

Setelah pengalihan jaringan 4G di 504 kota, Telkomsel mencatat adanya peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan kartu 4G sebesar 84 persen secara year over year (YoY). Selain itu, trafik payload 4G juga disebut tumbuh sebesar 14 persen secara YoY.

Hal itu turut diikuti oleh peningkatan jumlah perangkat yang bermigrasi ke layanan 4G, yakni sebesar 51 persen secara YoY.

Telkomsel menyebut, migrasi 3G ke 4G di 504 kota ini tak lepas dari komitmen perusahaan, mulai dari tahap awal pengkajian, perencanaan dan persiapan yang matang, hingga kelancaran pelaksanaan proses yang telah dilakukan.

Seluruh upaya tersebut mencakup dari kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, penguatan ekosistem layanan yang mendukung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia.

Telkomsel juga mengatakan akan terus melakukan peningkatan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi di seluruh jaringannya. Salah satunya dengan memperkuat kapabilitas pemanfaatan teknologi VoLTE yang dapat memberikan layanan telepon dengan basis jaringan 4G/LTE.

Dengan teknologi ini, pengguna bisa melakukan telepon dengan sambungan internet secara lebih baik, sembari melakukan aktivitas online lain, seperti browsing, bermain game, dan video streaming saat melakukan panggilan telepon.

Hingga saat ini layanan VoLTE telah tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.

Baca juga: Cara Mengubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa ke Grapari

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga mengajak pelanggan di segmen korporasi/enterprise serta industri yang memiliki layanan Machine-to-Machine (M2M), yang harus terhubung dengan jaringan broadband, untuk bisa memanfaatkan teknologi yang mendukung jaringan 4G/LTE.

Perangkat tersebut misalnya, Electronic Data Capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik, serta perangkat berbasis Internet of Things (IoT).

Pemanfaatan tersebut akan bisa membuat perangkat beroperasi lebih optimal. Bagi pelanggan Telkomsel yang ingin meng-upgrade kartu dari 3G ke 4G, bisa melakukannya tanpa perlu ganti nomor.

Upgrade bisa dilakukan di gerai GraPARI Telkomsel maupun secara online lewat marketplace.
Cara ganti kartu 3G ke 4G Telkomsel secara online bisa disimak di artikel berikut "Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel lewat Tokopedia, Shopee, dan JDid".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com