Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steam Next Fest Digelar, Bisa Coba Ratusan Game Baru Gratis

Kompas.com - 20/06/2023, 16:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform distribusi game, Steam resmi menggelar festival uji coba game gratis bertajuk "Steam Next Fest". Ajang menjajal game gratis ini sudah dibuka sejak 20 Juni pukul 00.00 WIB.

Dalam festival ini, pengguna bisa menjajal ratusan demo dari game terbaru yang belum meluncur. Adapun demo yang ditawarkan mencakup berbagai genre, mulai dari Action, Adventure, Strategy, hingga RPG (Role-Playing Game).

Action pun menjadi genre paling populer dengan jumlah game mencapai 617.

Salah satu game menarik yang dapat dicicip pemain adalah "Lies of P". Game Action RPG yang digarap oleh tim NEOWIZ ini terinspirasi dari dongeng "The Adventures of Pinocchio".

Dalam permainan ini, gamers bakal mengambil peran sebagai boneka humanoid Pinokio di kota Krat yang kacau-balau.

Baca juga: Steam Rombak Tampilan dengan Visual Lebih Modern

Pinokio harus menemukan penciptanya, Geppetto, dan mencari solusi untuk mengatasi kekacauan yang menimpa kota itu. Dan juga, ia mesti mencari cara untuk menjadi manusia.

Dari segi mekanisme permainan (gameplay), "Lies of P" cukup mirip dengan game "Bloodborne". Keduanya sama-sama merupakan game dengan tingkat kesulitan yang tinggi, sehingga pemain dipastikan akan "mati" berulang kali, terutama saat melawan bos.

Kemudian, keduanya memiliki mekanisme "Parry" untuk menangkis serangan musuh, "Quick Dodge" untuk menghindar dengan cepat, serta campuran serangan ringan (light) dan berat (heavy) dengan jumlah damage yang bervariasi.

Game Lies of PSteam Game Lies of P

"Lies of P" rencananya bakal meluncur tanggal 19 September nanti di PC (lewat toko Steam), PlayStation 5 (PS5), PS4, Xbox Series X/S, dan Xbox One.

Berikutnya, ada game RPG berbasis giliran (turn-based) bertajuk "Sea of Stars" yang bisa dilirik pemain. Permainan yang sekilas terlihat seperti game legendaris "Chrono Trigger" ini mengisahkan petualangan pahlawan bernama Valere dan Zale.

Valere menggunakan kekuatan bulan saat bertarung, sedangkan Zale mengandalkan kekuatan matahari.

Keduanya harus mengombinasikan kemampuan (skill) miliknya untuk mengalahkan ahli alkimia jahat bernama The Fleshmancer.

Baca juga: Game di Steam Bisa Dicoba 90 Menit Sebelum Dibeli

Dalam petualangannya, pemain nantinya bakal melawan berbagai macam musuh dan bos yang menantang. Jika ingin bersantai, gamers bisa menikmati fitur memancing ikan atau mengunjungi bar.

"Sea of Stars" segera meluncur tanggal 30 Agustus mendatang di PC (lewat toko Steam), PS5, PS4, Xbox Series X/S, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Selain kedua game yang sudah disebutkan sebelumnya, ada "House Flipper 2" yang memungkinkan pemain untuk menuang kreativitasnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com