Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus "Nekat" Jual ROG Ally Rp 10 Jutaan di Indonesia, Ini Alasannya

Kompas.com - 22/06/2023, 14:47 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus resmi menghadirkan konsol portabel (handheld) terbarunya di Indonesia, ROG Ally. Konsol genggam untuk game-game Windows 11 itu dijual dengan harga mulai Rp 10 jutaan.

Dengan perangkat ini, pengguna bisa memainkan aneka game PC di mana pun mereka berada, sama seperti memainkan game di smartphone atau konsol handheld macam Nintendo Switch.

Padahal, kegiatan bermain game di perangkat handheld atau mobile bisa dibilang bukan hal baru. Sebab, smartphone atau HP masa kini, yang tentunya juga mudah dibawa-bawa, sudah bisa menjalankan berbagai game yang cukup mumpuni.

Head of Public Relation Asus Indonesia, Muhammad Firman mengatakan bahwa pihaknya berani memboyong ROG Ally ke Indonesia, karena ia melihat potensi pasar gaming dari berbagai platform yang belakangan terus berkembang.

Baca juga: Membandingkan Konsol Handheld Steam Deck Vs Asus ROG Ally, Apa Saja Bedanya?

Menurut data yang dipaparkan Firman dalam acara jumpa media Asus ROG Ally di Jakarta, Kamis (22/2023), ada sekitar 343 juta gamer PC, 428 juta gamer konsol, dan 1,2 miliar gamer mobile di dunia saat ini.

Konsol handheld Asus ROG Ally dikenalkan di sebuah acara di Jakarta, Kamis (22/6/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten. Konsol handheld Asus ROG Ally dikenalkan di sebuah acara di Jakarta, Kamis (22/6/2023).

"Melihat data ini, kami melihat potensi dan sadar bahwa sangat menarik apabila kami menghadirkan sebuah perangkat yang bisa menunjang kebutuhan para gamer PC, konsol, dan mobile," jelas Firman.

"Sebab, orang-orang ini membutuhkan perangkat berbeda jika ingin memainkan game PC, mobile, atau konsol. Kini, ROG Ally bisa mendukung tiga platform atau pasar game yang berbeda hanya dalam satu perangkat," imbuh Firman.

Baca juga: Konsol Handheld Asus ROG Ally Dijual Mulai Rp 10 Jutaan di Indonesia, Bisa Dipesan 27 Juni 2023

Firman melanjutkan bahwa kehadiran ROG Ally di Indonesia juga dipakai Asus untuk menghadirkan segmen atau ceruk pasar baru yang ingin digarap Asus di Tanah Air.

"Sebelumnya Asus ROG hanya hadir di laptop dan desktop gaming, dan sekarang ROG Ally untuk pertama kalinya akan membuka segmen baru bagi Asus di Indonesia yaitu handheld gaming," ungkap Firman.

Sisi kiri Asus ROG Ally terdapat tombol arah D-pad dan joystick.KOMPAS.com/Bill Clinten. Sisi kiri Asus ROG Ally terdapat tombol arah D-pad dan joystick.

Strategi Asus

Supaya laris manis di pasar Indonesia, Asus tentunya menghadirkan beragam strategi untuk ROG Ally.

Salah satunya adalah bekerja sama dengan Microsoft untuk menghadirkan benefit layanan PC Game Pass 3 bulan gratis dalam paket penjualan ROG Ally.

"Kami juga percaya bahwa kerja sama kami dengan AMD, terutama dengan kehadiran AMD Ryzen Z1 Extreme APU, bakal bisa membuat pelanggan Indonesia melirik ROG Ally. Sebab, AMD merupakan pemain lama di platform konsol gaming yang ada di dunia," tutur Firman.

Sisi kanan Asus ROG Ally dengan tombol AB XY dan satu joystick.KOMPAS.com/Bill Clinten. Sisi kanan Asus ROG Ally dengan tombol AB XY dan satu joystick.

Di Indonesia, ROG Ally hadir dalam dua model, yaitu ROG Ally Z1 dan ROG Ally Z1 Extreme. Harga kedua perangkat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Harga Asus ROG Ally Z1: Rp 10.099.000 (16 GB/512 GB)
  • Harga Asus ROG Ally Z1 Extreme: Rp 11.299.000 (16 GB/512 GB)

ROG Ally Z1 Extreme bisa dipesan mulai 27 Juni 2023, sedangkan ROG Ally Z1 "reguler" bakal bisa dipesan sekitar kuartal III (Juli-September) tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com