Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IndiHome Resmi Gabung Telkomsel Mulai Hari Ini

Kompas.com - 01/07/2023, 09:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) resmi mengambil alih IndiHome mulai hari ini, Sabtu (1/7/2023). Itu artinya, IndiHome tidak lagi berada di bawah naungan manajemen PT Telkom Indonesia (Telkom) Tbk.

Sebelumnya, Telkomsel dan Telkom telah resmi menandatangani akta pemisahan (deed of spinoff) untuk menggabungkan IndiHome ke Telkomsel.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dan Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam pada Selasa (27/6/2023).

Salah satu poin dalam akta pemisahan tersebut menyatakan integrasi IndiHome ke Telkomsel, akan dicatat oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI pada 1 Juli 2023. Penandatanganan akta pemisahan ini menandakan penggabungan IndiHome ke Telkomsel sudah final.

"Per 1 Juli 2023 secara legal pengelolaan IndiHome akan pindah ke Telkomsel," kata Ririek dalam konferensi pers di Telkom Landmark Tower, Selasa (27/6), sebagaimana dihimpun dari Kontan.co.id.

Baca juga: IndiHome Gabung Telkomsel 1 Juli 2023

Bergabungnya IndiHome ke Telkomsel ini menjadikan kepemilikan efektif Telkom di Telkomsel naik menjadi 69,9 persen. Sementara itu, kepemilikan Singtel di Telkomsel menjadi 30,1 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Telkom.

(kiri-kanan) Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana R, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dan Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit dalam acara penandatanganan penggabungan Indihome ke Telkomsel, Senin (26/6/2023)Telkomsel (kiri-kanan) Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana R, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dan Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit dalam acara penandatanganan penggabungan Indihome ke Telkomsel, Senin (26/6/2023)

Ririek mengatakan, transformasi ini akan meningkatkan fokus TelkomGroup untuk memajukan lini bisnis B2B (Business to Business) di Indonesia.

Ke depan, TelkomGroup akan lebih fokus ke bisnis B2B, sementara model bisnis B3C (Business to Consumer), seperti layanan internet dan TV berbayar IndiHome, akan diserahkan ke anak perusahaannya, Telkomsel.

“Ini merupakan tonggak perjalanan penting bagi transformasi TelkomGroup yang berfokus memajukan B2B (Business-to-Business) Indonesia," ujar Ririek dalam keterangan tertulis, Rabu (28/6/2023).

Aksi korporasi ini juga menjadi bagian dari strategi utama Five Bold Moves Telkomsel atau lima program utama yang menjadi nilai perusahaan ke depan.

Program itu mencakup layanan broadband yang lebih luas, merata, andal, mendukung akselerasi inklusi dan ekonomi digital, memperkuat bisnis perseroran, dan sebagainya.

"Ke depan, TelkomGroup akan melanjutkan rencana tranformasi Five Bold Moves lainnya, seperti InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co. dan DigiCos,” tambah Ririek.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut Telkomsel, Hendri Mulya Syam juga menjelaskan integrasi antara Indihome dan Telkomsel mencakup pengelolaan bisnis dan pelanggan untuk beberapa layanan, seperti internet (fixed broadband), telepon rumah (fixed line), Internet Protocol Television (IPTV), dan program layanan digital lainnya.

“Integrasi Indihome ke Telkomsel akan menjadi batu loncatan penting bagi Telkomsel dengan menghadirkan pemerataan akses broadband, pengalaman konektivitas digital yang lengkap, dukungan layanan Wi-Fi, terutama pelanggan di segmen rumah tangga atau keluarga,” imbuh Hendri.

Baca juga: IndiHome Optimistis Capai Target Kenaikan Jumlah Pelanggan pada 2023

Dampak terhadap pelanggan setelah integrasi

Dari sisi pelanggan, Telkomsel menjamin tidak akan ada penurunan kualitas terhadap layanan broadband di IndiHome selama proses transisi berlangsung.

Biaya langganan dan paket berlangganan yang dinikmati pengguna saat ini tidak akan terdampak dan tetap sesuai dengan ketentuan kontrak yang sudah disepakati.

Mulai 1 Juli 2023, pelanggan IndiHome juga bisa menghubungi beberapa layanan pelanggan Telkomsel, seperti call center 188, situs web www.telkomsel.com, layanan e-mail di alamat cs@telkomsel.com, dan GraPARI (walk-in).

Layanan pelanggan IndiHome, seperti aplikasi myIndiHome, website indihome.co.id, Plasa Telkom (walk-in), call center 147, serta akun media sosial @IndiHomeCare juga masih tetap bisa melayani pelanggan IndiHome seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com