Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Bikin iPhone Terbesar di Dunia, Panjangnya 2 Meter

Kompas.com - Diperbarui 04/07/2023, 06:35 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ukuran layar iPhone saat ini tidak lebih dari 6,7 inci. Ukuran paling besar tersebut dimiliki oleh iPhone 14 Pro Max.

Namun, baru-baru ini, seorang YouTuber bernama Matthew Beem menciptakan “iPhone” dengan ukuran layar yang sangat besar. Bahkan, saking besarnya, ponsel tersebut harus dibawa menggunakan troli atau disandarkan menggunakan alat agar dapat berdiri.

Dalam video yang diunggah Beem ke kanal YouTube-nya yang berjudul “I Built the World’s Largest iPhone”, ia memperlihatkan iPhone terbesar di dunia.

Dalam video berdurasi 9 menit 23 detik itu iPhone tersebut tampak memiliki bodi sepanjang 2 meter.

Baca juga: Studi: HP Android Lebih Gampang Dipakai Ketimbang iPhone

YouTuber bernama Matthew Beem membuat iPhone berukuran raksasa dengan tinggi dua meterYouTube/Matthew Beem YouTuber bernama Matthew Beem membuat iPhone berukuran raksasa dengan tinggi dua meter

Video tersebut menceritakan Beem dan tim yang mulai merancang desain dan konsep “iPhone” terbesar di dunia, membeli komponen yang dibutuhkan, proses pembuatan iPhone, hingga hasil akhir.

Beem juga mengundang YouTuber gadget kenamaan, Marques Brownlee, untuk mengulas iPhone terbesar bikinannya.

iPhone berukuran 2 meter tersebut menjalankan sistem operasi iOS, hanya saja dalam ukuran yang sangat besar. Kendati demikian, perlu dicatat bahwa perangkat tersebut bukanlah iPhone versi asli, melainkan iPhone yang dikustomisasi menggunakan sejumlah komponen/perangkat berbeda.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Senin (3/7/2023), layar iPhone tersebut berasal dari panel layar sentuh (touch screen) yang digunakan di televisi. Layar tersebut kemudian disambungkan ke Mac Mini, sehingga perangkat dapat menjalankan aplikasi yang sama seperti iPhone.

Perbedaannya, tampilan dan skalanya jauh lebih besar ketimbang ukuran iPhone yang asli. iPhone bikinan Beem ini pun memiliki tombol di samping bodi berukuran cukup besar. Bentuknya lebih menonjol daripada bentuk asli dan memiliki fungsi mengatur volume suara.

Secara keseluruhan, ponsel raksasa ini dapat bekerja seperti iPhone pada umumnya. Mulai dari melakukan swafoto (seflie) dengan memencet tombol kamera, menggunakan kalkulator, membuat alarm dan pengatur waktu, melakukan panggilan video (video call), menonton YouTube, bahkan melakukan pembelian atau transaksi menggunakan Apple Pay.

Baca juga: Jual iPhone 8 dan iPhone X Sekarang, Ini Alasannya

Beem dan rekannya membawa iPhone raksasa bikinannya ke jalanan Time Square, New York untuk dipamerkan dan diuji coba orang-orang sekitarYouTube/Matthew Beem Beem dan rekannya membawa iPhone raksasa bikinannya ke jalanan Time Square, New York untuk dipamerkan dan diuji coba orang-orang sekitar

Diulas oleh YouTuber kenamaan Marques Brownlee

Beem bersama timnya juga membawa iPhone tersebut berkeliling kota New York. Lokasi yang dituju seperti Times Square, Central Park, kereta bawah tanah, hotel, toko Apple App Store, dan masih banyak lagi.

iPhone tersebut juga dipamerkan ke orang-orang sekitar dan meminta mereka menguji coba layar iPhone raksasa.

Adapun saat diulas oleh Marques, ia mengaku cukup kaget melihat ukuran dari iPhone tersebut. Ukuran yang dibawa Beem ternyata di luar ekspektasinya.

YouTuber Marques Brownlee saat mengulas iPhone raksasa bikinan BeemYouTube/Matthew Beem YouTuber Marques Brownlee saat mengulas iPhone raksasa bikinan Beem

“Ini sangat besar dari apa yang saya pikirkan. Saya terpukau, harga perangkat ini mungkin 2.000 dollar AS (Rp 30 jutaan). Nilai dari saya adalah delapan dari 10, tapi jika saya bisa menjalankan Siri mungkin nilainya akan naik menjadi 9,” jelas Marques.

Terlepas dari desain bodi dan fungsinya yang sangat mirip iPhone, perangkat ini merespons perintah sentuhan cukup lambat. Layar pun tidak seresponsif iPhone pada umumnya, hal ini mungkin dikarenakan panel layar yang digunakan adalah panel televisi.

iPhone raksasa bikinan Beem juga tidak memiliki port pengisian daya di bawah layar ataupun beberapa fitur unggulan lainnya, seperti asisten virtual Siri.

Bagi Anda yang penasaran untuk menonton video pembuatan “iPhone” terbesar di dunia, bisa klik tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com