Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik iPhone 14 Bisa Perbaiki Sendiri kalau Ponsel Rusak

Kompas.com - 23/06/2023, 17:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple memasukkan iPhone 14 Series ke dalam program layanan Self Service Repair atau layanan perbaikan mandiri. Sesuai namanya, dengan layanan ini, pemilik iPhone 14 series dipersilakan memperbaiki ponselnya sendiri jika ada kerusakan.

Diumumkan melalui laman Apple Newsroom, mulai 21 Juni 2023, pemilik iPhone 14 series bisa memperoleh suku cadang, alat perbaikan, dan panduan perbaikan resmi langsung dari Apple. Kemudian memperbaiki ponselnya sendiri di rumah.

Namun, perlu dicatat, layanan ini baru tersedia di sejumlah wilayah seperti di AS dan sejumlah wilayah Eropa.

Suku cadang yang bisa didapatkan pengguna lewat program Self Service Repair meliputi layar iPhone, baterai, dan kamera.

Dengan program ini, pengguna tak perlu lagi menyervis HP lewat eknisi di Apple Store, Apple Authorized Service Providers (AASP), atau Independent Repair Provider.

Baca juga: Apple Rilis iOS 16.5.1, Segera Update untuk Tambal Celah Berbahaya

Selain iPhone 14 series, program Self Service Repair juga berlaku untuk laptop MacBook Air dan MacBook Pro dengan chip M2.

iPhone 13 SeriesPhone Arena iPhone 13 Series
Program Self Service Repair pertama kali diluncurkan Apple pada April 2022. Tahun lalu, suku cadang dan alat-alat perbaikan hanya tersedia untuk perangkat iPhone 12 series, iPhone 13 series, serta komputer Mac dengan chip M1.

Nah, mulai 21 Juni 2023, Apple juga menambah jenis suku cadang yang bisa didapatkan pengguna untuk menyervis sendiri perangkat iPhone 12 series, iPhone 13 series, serta komputer Mac dengan chip M1 yang rusak.

Suku cadang baru yang disediakan Apple meliputi True Depth dan speaker bagian atas. Namun, suku cadang ini hanya tersedia untuk iPhone 12 series, iPhone 13 series, dan komputer Mac chip 1 di wilayah AS, Belgia, Perancis, Jerman, Italia, Polandia, Spanyol, Swedia, dan Inggris.

Cara Apple pastikan servis mandiri berhasil

Kali ini, Apple juga bakal membuat software "System Configuration" (Konfigurasi Sistem). Software ini berguna untuk memastikan bahwa perbaikan mandiri dilakukan dengan benar sesuai panduan serta memastikan suku cadang berfungsi dengan semestinya.

Baca juga: Saham Apple Pecahkan Rekor berkat Headset AR Vision Pro

Dengan menjalankan System Configuration setelah perbaikan, software akan mengautentikasi suku cadang asli Apple, memperbarui firmware, dan mengalibrasi suku cadang untuk memastikan performa dan kualitas maksimal.

Software ini bakal tersedia gratis untuk semua pengguna program Self Service Repair dan penyedia layanan yang berpartisipasi dalam program perbaikan Apple.

Selain itu, untuk perbaikan yang melibatkan autentikasi biometrik, seperti Touch ID atau Face ID, Konfigurasi Sistem menautkan sensor biometrik ke Secure Enclave di logic board untuk memastikan keamanan perangkat dan privasi pelanggan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Newsroom, Jumat (23/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com