Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Hadirkan AC WindFree Ultra dengan Teknologi Pembersih Udara, Harga mulai Rp 8 Jutaan

Kompas.com - 03/07/2023, 13:18 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Indonesia resmi menghadirkan produk air conditioner (AC) terbarunya yang bernama WindFree Ultra Air Conditioner di Tanah Air.

Produk yang baru diumumkan bulan April lalu ini, mengunggulkan fitur Purification Filter yang dilengkapi teknologi PM1.0 pertama dari Samsung. Fitur tersebut diklaim dapat memurnikan atau membersihkan udara.

Donny Libra selaku Head of Air Conditioner Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan bahwa teknologi baru yang dihadirkan ke WindFree Ultra mampu meningkatkan kualitas udara dan mensterilkan hingga 99 persen bakteri.

"Fitur unggulan dari Windfree Ultra AC ini adalah Purifaction Filter (PM1.0) yang dapat mensterilkan kualitas ruangan dan mematikan bakteri hingga 99 persen", jelas Donny dalam acara temu media di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Tidak hanya itu, fitur PM1.0 juga diklaim dapat menyaring partikel debu halus berukuran 0.3 μm (mikrometer), mensterilkan 90 persen jenis bakteri tertentu, agar dapat menghasilkan kualitas udara yang lebih baik.

Baca juga: 3 Tips Main Game Lebih Kencang dengan Samsung Galaxy A34 5G

Donny juga menyebut bahwa fitur unggulan lainnya terdapat pada sistem semburan angin di AC Windfree Ultra. Perangkat tersebut dapat mengeluarkan angin lewat 23.000 lubang supaya konsumen bisa merasakan angin yang natural. Hembusan angin juga diklaim tidak akan terlalu keras.

"Sesuai namanya, Windfree Ultra tetap mengadopsi teknologi wind colling yang memungkinkan AC mentransfer angin ke 23.000 lubang. Sehingga semburan angin AC tidak akan langsung kena tubuh dan tidak terlalu keras," ungkap Donny.

WindFree Ultra juga mengusung tiga aspek, yakni quite (diam), fast (cepat), dan safety (aman). Ketiga aspek tersebut merujuk pada AC yang dapat menyemburkan angin dengan suara yang diam dan tenang, cepat dan aman dalam mendinginkan ruangan, serta lebih hemat energi.

Samsung WindFree Ultra AC yang resmi hadir di Indonesia. AC ini dibanderol mulai Rp 8 jutaan.KOMPAS.com/Caroline Saskia Samsung WindFree Ultra AC yang resmi hadir di Indonesia. AC ini dibanderol mulai Rp 8 jutaan.

Dalam kesempatan yang sama, Donny juga turut menjabarkan rincian biaya dalam menggunakan AC WindFree Ultra yang diklaim lebih hemat energi.

Jika dibandingkan dengan AC merek lain untuk PK yang sama, Samsung WindFree Ultra memang mematok harga awal yang lebih mahal di satu jam pertama.

PK merupakan singkatan dari "Paard Kracht", istilah untuk menilai kapasitas AC atau tenaga dari AC. Semakin besar PK, maka semakin besar pula tenaga dari AC.

Kendati begitu, ia menjelaskan bahwa penggunaan AC tidak akan menyala 24 jam setiap harinya. Jadi, saat diakumulasi selama satu bulan, WindFree Ultra diklaim memiliki biaya penggunaan bulanan yang lebih murah, nyaris berbeda setengah harga.

"Di satu jam pertama, AC 1 PK merek lain memang mematok harga yang lebih murah, misal Rp 978 per jam, sedangkan WindFree Ultra Rp 1.500. Tapi, karena penggunaan AC tidak menyala setiap hari, di akhir bulan WindFree bisa lebih terjangkau dibanding yang lain," jelas Donny.

Penghematan biaya listrik AC bisa dilakukan ketika pengguna mengaktifkan fitur berteknologi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) bernama AI Energy Mode.

Baca juga: Tips Setting Streaming di Samsung Galaxy A34 5G Agar Nonton Lebih Nyaman

Dapat dikontrol pakai HP dan suara

Nah, dikarenakan WindFree Ultra masuk dalam kategori produk Internet of Things (IoT) garapan Samsung, perangkat ini pun dapat dikontrol menggunakan aplikasi Smart Things dan suara dari asisten virtual, Bixby Samsung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com