Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Desain dan Fitur TV Samsung Neo QLED 8K

Kompas.com - 21/06/2023, 18:20 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Electronics Indonesia meluncurkan televisi (TV) kelas atas terbarunya, yaitu Samsung Neo QLED 8K TV pada Mei lalu.

TV dengan backlight Mini LED ini terdiri atas tiga model di Indonesia, yakni QN900C (85 inci), QN800C (75 inci), dan QN700C (65 dan 55 inci).

Dalam sebuah acara hands-on bertajuk "Samsung Neo QLED 8K Product Experience" di Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023), KompasTekno berkesempatan untuk melihat televisi dengan model QN900C secara lebih dekat.

Dari segi desain, bodi perangkat ini memiliki warna hitam yang dirancang dengan kesan minimalis, tipis, dan datar. Secara keseluruhan, model QN900C dengan stand bawaan memiliki dimensi 1876,6 x 1146,8 x 303,7 mm dengan bobot 57 kilogram.

Baca juga: Strategi Samsung Pasarkan Neo QLED di Tengah Persaingan TV Mini LED Murah di Indonesia

Smart TV ini mengusung desain bezel (bingkai) tipis yang dinamai "Infinity Screen". Samsung tidak merincikan ketebalan bingkai televisinya, tetapi mereka mengeklaim bahwa bezel Samsung Neo QLED 8K hampir tidak terlihat.

Dari segi spesifikasi layar Samsung Neo QLED 8K TV memiliki resolusi 7.680 x 4.320 piksel, dan refresh rate 100 Hz. Panel ini menggunakan teknologi Mini LED yang disebut QLED.

Seperti namanya, panel Mini LED menggunakan lampu (backlight) LED dengan ukuran yang lebih kecil (mini) dibanding backlight LED yang digunakan kebanyakan TV saat ini.

Dengan panel ini, pengguna bisa menikmati gambar dengan kontras dan kualitas yang lebih baik, terutama untuk film atau game dengan kualitas HDR.

Fitur Real Depth Enhancer Pro di televisi Samsung Neo QLED 8K, diklaim mampu meningkatkan kedalaman gambar, seolah-olah memiliki efek tiga dimensi (3D).KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Fitur Real Depth Enhancer Pro di televisi Samsung Neo QLED 8K, diklaim mampu meningkatkan kedalaman gambar, seolah-olah memiliki efek tiga dimensi (3D).
Layar besar ini juga mendukung berbagai fitur seperti teknologi AI Upscaling yang diklaim dapat meningkatkan kualitas gambar video lawas menjadi setara 8K.

Baca juga: Samsung Buka Pre-order TV Neo QLED 8K di Indonesia, Ada Bonus Galaxy Z Fold 4

Kemudian, ada juga fitur Quantum Matrix Technology Pro dengan HDR 14-bit yang mampu menghasilkan gambar lebih realistis, misalnya pada butiran pasir dan permukaan awan.

Pengguna juga bisa menikmati fitur Real Depth Enhancer Pro yang meningkatkan kedalaman gambar, seolah-olah memiliki efek tiga dimensi (3D).

Fitur-fitur layar lainnya mencakup Auto HDR Remastering, EyeComfort Mode, Anti Reflection, dan masih banyak lagi. Penjelasan lengkapnya bisa disimak dalam artikel "Samsung Punya TV Neo QLED 8K Baru, Ini Deretan Keunggulannya".

Bagian samping dan belakang Samsung Neo QLED 8K TVKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian samping dan belakang Samsung Neo QLED 8K TV
Beralih ke bagian pinggir kiri dan kanan televisi, terdapat lubang atau pori-pori speaker 6.2.4 channel berteknologi Dolby Atmos untuk mengeluarkan suara. Pori-pori yang sama juga bisa ditemukan di bagian belakang smart TV tersebut.

Baca juga: Samsung Punya TV Neo QLED 8K Baru, Ini Deretan Keunggulannya

Sehingga, suara bisa keluar dari sisi kiri, kanan, atas, bawah, dan belakang layar televisi alias multi-direction.

Speaker tersebut pun dibekali dengan Object Tracking Sound Pro yang bisa menghasilkan suara berkualitas 3D surround dinamis, dan menyesuaikan pergerakan adegan dalam TV.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com