Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Samsung Pasarkan Neo QLED di Tengah Persaingan TV Mini LED Murah di Indonesia

Kompas.com - 20/06/2023, 12:45 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan televisi (TV) kelas atas terbarunya, yaitu Samsung Neo QLED 8K TV pada Mei lalu. Televisi tersebut menggunakan teknologi Mini LED yang disebut QLED.

Di Indonesia, Samsung Neo QLED 8K dibanderol Rp 28 juta-Rp 130 juta untuk model dengan layar paling kecil (55 inci) hingga paling besar (85 inci).

Harga ini cukup tinggi apabila dibandingkan dengan Mini LED merek lain, terutama produksi brand asal China. Misalnya saja, TCL (65 inci) yang dijual dengan harga Rp 10 jutaan atau Hisense (65 inci) yang banderol Rp 13 jutaan.

Baca juga: Samsung Punya TV Neo QLED 8K Baru, Ini Deretan Keunggulannya

Melihat pasar yang kompetitif, bagaimana Samsung bersaing dengan brand-brand dengan harga yang lebih ramah di kantong?

Menanggapi hal ini, Ubay Bayanudin selaku Head of Product - AV Business, Samsung Electronics Indonesia mengatakan bahwa perusahaan tersebut tidak menempatkan fokusnya pada brand-brand pesaing.

"Tentunya, kami tahu ada brand-brand lain yang menawarkan harga lebih murah. Meski begitu, kami tidak fokus pada brand tersebut, tetapi fokus pada inovasi yang bisa disediakan ke konsumen dari televisi entry-level hingga premium," ujarnya dalam acara "Samsung Neo QLED 8K Product Experience" di Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023).

"Sesuai visi kami, 'Screens Everywhere, Screens For All'. Jadi, semua segmen bisa menggunakan TV di mana saja," lanjut pria yang akrab dipanggil Ubay itu.

Ubay pun menjelaskan bahwa inovasi ini dibagi menjadi dua, yakni inovasi dalam segmen yang lebih terjangkau, Super Smart TV Plus dan segmen di atasnya, Neo QLED.

Misalnya saja untuk Neo QLED 8K, Samsung menyematkan fitur teknologi AI Upscaling, sementara di Super Smart TV Plus, Samsung membekali fitur Bixby Assistant.

Ubay menambahkan bahwa Samsung akan tetap fokus meningkatkan inovasi yang sudah mereka buat.

"Saya tidak tahu apakah brand lain mempunyai fitur-fitur itu atau tidak. Tapi, kita fokus terhadap inovasi kami yang sampai saat ini ditanggapi sangat positif oleh konsumen," kata Ubay.

"Kami juga menyediakan after sales service (layanan purna jual) untuk produk smart TV Samsung," tutupnya.

Ubay tidak merinci apa saja layanan purna jual yang ditawarkan. Akan tetapi, secara umum, TV LCD atau TV LED Samsung akan mendapatkan masa garansi selama 2 tahun.

Inovasi Samsung untuk Super Smart TV Plus dan Neo QLED

Untuk diketahui, Samsung Neo QLED 8K TV tersedia dalam tiga model, yakni QN900C (layar 85 inci), QN800C (75 inci), serta QN700C (65 dan 55 inci).

Teknologi Mini LED yang dimiliki menggunakan lampu (backlight) LED dengan ukuran yang lebih kecil (mini) dibanding backlight LED yang digunakan kebanyakan TV saat ini.

Baca juga: Samsung Rilis TV Premium Neo QLED 8K dan 4K di Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com