Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store saat Download Aplikasi

Kompas.com - 03/07/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan Play Store di ponsel Android. Salah satunya seperti mengetahui cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store.

Untuk diketahui, dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja menjumpai peringatan “Your device isn’t compatible with this version” atau “This app isn’t compatible with your device anymore” di Play Store saat hendak download atau update aplikasi.

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

Peringatan tersebut dapat mengganggu pengguna. Dengan munculnya peringatan yang biasa juga bertulisan “Aplikasi ini tidak kompatibel lagi dengan perangkat Anda” tersebut, pengguna akhirnya tidak bisa download atau update aplikasi di Play Store.

Lantaran bisa menyebabkan gangguan yang cukup signifikan, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store. Akan tetapi, sebelum mengetahui caranya, penting untuk dipahami dulu penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store.

Lalu, sebenarnya kenapa di Play Store ada tulisan perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store.

Penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store

1. Sistem operasi telah usang

Pesan “Aplikasi ini tidak kompatibel lagi dengan perangkat Anda” bisa muncul di Play Store salah satu sebabnya karena ponsel Android milik pengguna memakai sistem operasi yang telah usang.

Untuk diketahui, penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store yang utama adalah ponsel Android yang dipakai pengguna menggunakan sistem operasi yang telah usang.

Dikutip dari Guiding Tech, Google setiap tahun rutin merilis API Android atau sistem pemrograman yang memungkinkan pengembang mengimplementasikannya di aplikasi buatan mereka agar dapat berjalan di ponsel.

API Android itu digunakan untuk mendukung sistem operasi Android yang terbaru. Setelah API Android terbaru diintegrasikan, pengembang biasanya akan membatasi aplikasi mereka hanya bisa beroperasi di ponsel tertentu, khususnya ponsel dengan sistem operasi terbaru.

Dengan skema seperti itu, ponsel Android dengan sistem operasi usang tidak akan bisa menjalankan aplikasi versi terbaru dari pengembang, sehingga muncul pesan “Your device isn’t compatible with this version” di Play Store.

2. Bug Play Store

Penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store yang kedua adalah terdapat gangguan atau bug pada sistem di aplikasi Play Store itu sendiri. Bug tersebut memungkinkan untuk memunculkan pesan “This app isn’t compatible with your device anymore”.

Cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store

Itulah penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store. Setelah mengetahui penyebabnya, lantas bagaimana cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini? Terdapat beberapa cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store.

Adapun penjelasan mengenai cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store adalah sebagai berikut:

1. Memperbarui sistem operasi Android

Salah satu cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store adalah dengan memperbarui versi sistem operasi Android yang digunakan di ponsel.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi, Loading Terus atau Pending

Memperbarui versi sistem operasi Android penting dilakukan agar sesuai dengan syarat minimum untuk bisa mengoperasikan aplikasi. Di kebanyakan ponsel Android, cara update sistem operasi bisa dilakukan melalui menu “Settings”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com