Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan TV XLED Sharp Aquos FV1 Cocok untuk Main PS, Xbox, dll

Kompas.com - 05/07/2023, 13:40 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan televisi Sharp Electronics Indonesia, resmi meluncurkan TV XLED Sharp Aquos FV1 Series di pasar Tanah Air, Rabu (5/7/2023). Sebelumnya, televisi ini sudah diperkenalkan di Jepang pada Mei lalu.

TV dengan teknologi Mini LED yang dikembangkan oleh Sharp ini memiliki sejumlah fitur yang mendukung aktivitas bermain game dengan konsol, baik PlayStation (PS), Xbox, Nintendo, dan sebagainya.

Yang pertama adalah prosesor X5 X-Revelation yang diklaim mampu membawa performa yang mumpuni untuk kebutuhan gaming atau menonton.

Kemudian, TV XLED Sharp Aquos FV1 juga dibekali layar 4K (3.680 x 2.160 piksel) dengan refresh rate hingga 120 Hz. Jadi, pengguna bisa menikmati pengalaman gaming yang lebih "mulus" dan imersif.

Baca juga: Sharp Aquos FV1 Meluncur, TV Mini LED Pertama Sharp di Indonesia

Panel juga dilengkapi AMD FreeSync Premium dengan fitur Variable Refresh Rate (VRR) untuk mengurangi efek screen tearing ketika sedang bermain game.

Screen tearing itu sendiri biasanya terjadi apabila frame rate (FPS) game yang dimainkan dan refresh rate monitor tidak sinkron.

Akibatnya, layar seolah-olah "dirobek", sehingga tentunya mengganggu pengalaman gamers ketika bermain.

Masih soal fitur pendukung game, ada pula Auto Low Latency Mode (ALLM) yang secara otomatis mengubah latensi layar, untuk mengurangi efek input lag.

Baca juga: Melihat TV XLED Sharp Aquos FV1 dari Dekat

TV baru Sharp Aquos dengan teknologi XLED.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto TV baru Sharp Aquos dengan teknologi XLED.
Bila belum tahu, input lag terjadi ketika televisi terlalu sibuk memproses gambar yang ditampilkan di layar, sehingga televisi membutuhkan waktu yang lama untuk mendeteksi input controller saat main game.

Misalnya saja ketika menekan tombol serangan (attack) pada stik PlayStation, televisi bisa saja merespons input ini beberapa milidetik kemudian, bukan secara instan.

Spesifikasi TV XLED Sharp Aquos FV1

Untuk diketahui, TV XLED Sharp Aquos FV1 hadir di Indonesia dengan dua model yang berbeda, yakni 65 inci (4T-C65FV1) dan model 75 inci (4T-C75FV1).

Baca juga: Apa Itu XLED, Teknologi TV Baru yang Akan Diboyong Sharp ke Indonesia?

Televisi ini dibekali panel Mini LED yang diberi label "XLED". Seperti namanya, panel Mini LED menggunakan lampu (backlight) LED dengan ukuran yang lebih kecil (mini) dibanding backlight LED yang digunakan televisi konvensional.

Dengan backlight LED yang lebih "mungil", Sharp bisa mengatur tingkat gelap terang lampu di satu area layar dengan lebih presisi.

Panel Mini LED tersebut memiliki 2.000 zona peredupan (dimming zone), yang memungkinkan penampilan kontras dan kecerahan tinggi, serta warna hitam yang lebih pekat dibanding TV LED pada umumnya.

Soal audio, ada speaker surround bernama Aquos Real Surround System Plus (ARSS Plus) yang mencakup 11 speaker dengan daya maksimal 85 Watt. Speaker pun juga didukung teknologi Dolby Atmos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com