Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghemat Baterai Saat Main Game di Samsung Galaxy A34 5G

Kompas.com - 05/07/2023, 15:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bermain game di smartphone tentunya akan membuat daya baterai perangkat tersebut cepat habis. Namun, dengan Samsung Galaxy A34 5G, bermain game akan sedikit tenang berkat fitur "Power Saving".

Seperti namanya, Power Saving merupakan fitur yang bisa dipakai pengguna untuk menghemat daya baterai ponsel. Di Galaxy A34 5G, pengguna juga bisa memakai fitur ini untuk menghemat baterai ketika bermain game.

Sebab, fitur Power Saving di ponsel tersebut bisa diatur sedemikian rupa agar tidak membatasi tenaga prosesor (CPU). Dengan begitu, bermain game akan tetap nyaman dan lancar meski fitur Power Saving diaktifkan.

Baca juga: Trik Streaming Sambil Chatting Sekaligus Tanpa Harus Menutup Aplikasi di Samsung Galaxy A34 5G

Nah, ada dua cara yang bisa dipakai untuk mengaktifkan fitur Power Saving. Kedua cara tersebut bisa dilihat dalam langkah-langkah berikut ini. 

1. Cara menghemat baterai di Samsung Galaxy A34 5G via bilah notifikasi

Cara mengaktifkan fitur Battery Saver di Samsung Galaxy A34 5G.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Battery Saver di Samsung Galaxy A34 5G.

Cara pertama mengaktifkan fitur Power Saving di Samsung A34 5G adalah melalui bilah notifikasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka bilah notifikasi dengan melakukan usapan (swipe) dari atas layar ke bawah. 
  • Lalu, klik ikon "Power Saving" hingga ikon tersebut berubah warna dari abu-abu menjadi biru. 
  • Apabila sudah berubah menjadi biru, maka fitur Power Saving sudah diaktifkan. 
  • Untuk menonaktifkan fitur ini, pengguna bisa mengeklik ikon "Power Saving" kembali hingga warnanya berubah menjadi abu-abu. 

2. Cara menghemat baterai di Samsung Galaxy A34 5G via menu Settings

Cara mengaktifkan fitur Battery Saver di Samsung Galaxy A34 5G.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Battery Saver di Samsung Galaxy A34 5G.
Cara kedua untuk menggunakan fitur Power Saving di Samsung A34 5G adalah melalui menu pengaturan (Settings). 

Dengan pengaturan ini, pengguna bisa mengatur fitur-fitur ponsel apa saja yang akan dibatasi dengan Power Saving. Sehingga, performa ponsel tak akan begitu terganggu. Cara mengaktifkan fitur Power Saving via menu Settings adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman "Settings".
  • Klik menu "Battery and device care".
  • Klik menu "Battery". 
  • Klik menu "Power Saving". 
  • Selanjutnya, pilih opsi atau fitur ponsel apa saja yang ingin dibatasi. Apabila tak ingin membatasi CPU, misalnya, maka pengguna bisa menonaktifkan opsi "Limit CPU speed to 70%".
  • Jika sudah selesai mengatur fitur Power Saving, aktifkan toggle Power Saving di kolom "Off" hingga warnanya menjadi biru. 

Baca juga: 3 Tips Main Game Lebih Kencang dengan Samsung Galaxy A34 5G

Perlu dicatat, intensitas penghematan baterai via fitur Power Saving ini tentunya berbeda di masing-masing pengguna, tergantung dengan pemakaian dan aplikasi yang sedang dijalankan. 

Apabila fitur ini dipakai ketika bermain game, tentunya fitur ini tak akan berjalan dengan maksimal seperti ketika pengguna tak bermain game, atau ketika mereka hanya membuka aplikasi sekelas media sosial atau browser internet. 

Namun yang jelas, fitur ini tentunya bisa menghemat daya lebih banyak apabila dibandingkan dengan tak menggunakan fitur Power Saving sama sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com